Selasa 29 Jun 2021 08:59 WIB

Tips Rumah Aman dari Pembobolan Saat Ditinggal Bepergian

Perangkat bel pintar biasanya memiliki kamera yang bisa diakses dari ponsel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Tips menjaga rumah aman saat bepergian (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tips menjaga rumah aman saat bepergian (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika pandemi Covid-19 mereda, bisa jadi banyak keluarga ingin berlibur, entah dengan staycation atau roadtrip. Saat memutuskan untuk berwisata, pastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman. 

Lakukan langkah antisipasi guna mencegah bencana atau terjadinya pembobolan. Berikut beberapa tips untuk membantu menjamin kediaman tetap aman saat bepergian, dilansir di laman Luxury Travel Magazine, baru-baru ini:

1. Pasang kamera keamanan

Kamera keamanan tidak mahal dan mudah dipasang. Pasanglah jika akan bepergian untuk waktu yang lama. Atur posisi strategi sehingga dapat melihat melalui jendela dari dalam rumah, atau di langit-langit teras.

2. Bel pintar

Produk keamanan lainnya seperti bel pintu pintar dapat menjadi pilihan. Perangkat ini biasanya memiliki kamera yang dapat diakses dari ponsel, sehingga dapat membantu mencegah pencurian atau peluang aksi kejahatan lainnya.

3. Timer lampu

Saat berada di luar rumah selama berhari-hari atau beberapa pekan, timer lampu bisa jadi perlindungan sederhana. Alat yang mengatur lampu menyala di waktu tertentu ini membuat rumah terkesan tetap didiami oleh penghuni.

4. Bantuan agen

Jika rumah Anda terdaftar untuk dijual, mintalah agen real estate untuk memeriksa rumah secara berkala. Agen yang dapat dipercaya dapat memberi ketenangan pikiran terkait kondisi rumah saat Anda berada di luar kota.

Apabila sedang dalam proses penjualan, musibah seperti kerusakan, kebakaran, atau kerampokan dapat mengganggu kontrak. Akibatnya, proses akan mundur beberapa pekan, bahkan bisa berbulan-bulan.

Menghindari berbagai tekanan emosional itu, sangat disarankan mengambil semua tindakan pencegahan yang perlu untuk melindungi rumah. Termasuk, meminta agen real estate datang sesekali untuk memeriksa kondisi kediaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement