Rabu 16 Jun 2021 16:46 WIB

Cara Menjaga Kestabilan Pengeluaran Rumah Tangga

Jika belum pernah membuat anggaran, sekarang adalah saat untuk membuatnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Menabung (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Menabung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biaya rumah tangga seharusnya tidak menghabiskan seluruh pendapatan bulanan. Seyogianya, semuanya harus setara dengan sekitar sepertiga dari pendapatan yang tersedia.

Jika selama ini Anda menghabiskan terlalu banyak, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur kestabilan pengeluaran rumah tangga seperti dilansir di laman We Heart pada Rabu (16/6):

1. Anggaran

Anggaran merupakan hal yang penting untuk menghindari tidak terduga. Sangat penting untuk mencoba dan menetapkan anggaran untuk diri sendiri sedini mungkin. 

Jelas seiring berjalannya waktu, anggaran akan berubah dan beradaptasi dengan gaya hidup maupun jumlah orang yang menjadi tanggung jawab Anda. Jika belum pernah membuat anggaran, sekarang adalah saat untuk membuatnya. Dengan begitu, Anda bisa mulai melihat berapa banyak uang yang masuk dan berapa yang keluar.

Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah uang yang dibelanjakan, terutama ketika telah membayar banyak hal dari waktu ke waktu. Bahkan mungkin ada pembayaran yang terlupakan. Jadi cobalah untuk menjaga diri pada anggaran di mana Anda bisa dan pasti akan melihat perbedaannya.

2. Jangan terlalu hedonis

Kemewahan sangat cocok untuk memanjakan diri dan keluarga. Namun, hal tersebut ada waktunya dan tidak perlu memaksakan.

Penting untuk berhati-hati dengan berapa banyak yang Anda belanjakan dan kapan saatnya untuk mengurangi beberapa kemewahan. Tidak semua orang memiliki perjalanan yang mudah dalam hal keuangan mereka. Beberapa di antaranya mungkin harus berkorban di sepanjang jalan untuk sekadar membayar tagihan rumah tangga mereka yang sangat penting seperti listrik, air, gas, dan makanan. Ini adalah bagian inti dari biaya rumah tangga.

Jika menemukan diri dengan terlalu banyak kemewahan, lihat apa yang bisa dipangkas. Mungkin hanya untuk sementara waktu tetapi akan sepadan dengan rasa sakit jangka pendek itu.

3. Perhatikan asuransi dan layanan tagihan

Jika Anda adalah seseorang yang suka menabung secara teratur, maka hal baik yang layak dilakukan adalah membandingkan asuransi dan penyedia tagihan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi biaya pada penyedia tagihan, misalnya layanan televisi berbayar. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk penyedia ini.

Lihatlah situs perbandingan untuk melihat apa yang bisa Anda dapatkan dengan kesepakatan yang lebih baik. Meskipun hal itu bisa merepotkan untuk dilakukan setiap tahun, ada baiknya memeriksa tempat apa yang melakukan penawaran lebih baik untuk pelanggannya.

Menjaga biaya rumah tangga Anda tetap rendah adalah penting. Sebab, pada akhirnya, hal itu mengarah pada memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada diri sendiri dan orang yang dicintai. Jadi lakukan langkah tadi untuk menjaga biaya rumah tangga tetap rendah serta menghemat uang sebanyak yang Anda bisa.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement