Selasa 15 Jun 2021 19:02 WIB

Momentum Ikonik dari Film Mission: Impossible

Dalam film yang dimulai sejak 1996 ini, Tom Cruise banyak melakukan adegan berbahaya.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Mission: Impossible.
Foto: Paramount Pictures.
Salah satu adegan dalam film Mission: Impossible.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Karakter Ethan Hunt dari film Mission Impossible yang diperankan oleh aktor Tom Cruise telah menemani penonton selama 25 tahun. Tom Cruise menjadi sangat ikonik pada film ini lantaran banyak melakukan aksi berbahaya.

Film-film Mission Impossible berikutnya dengan Cruise dan pemeran lainnya masih akan berlanjut. Sayangnya, ada beberapa kendala produksi selama pandemi, termasuk produksi pembuatan film yang terakhir harus ditutup karena seseorang di antara mereka dinyatakan positif Covid-19.

Sembari menunggu film terbaru yang rencananya tayang pada 2022, berikut beberapa momentum ikonik dalam film Mission Impossible yang bisa Anda tengok kembali, seperti dilansir di laman Cinema Blend, Selasa (15/6):

1. Davie Koep dan Robert Towne bersaing menulis naskah Mission Impossible 

Pada awal 1990-an, Tom Cruise adalah salah satu bintang Hollywood terbesar setelah film-film seperti Risky Business, Days of Thunder, dan Top Gun. Cruise memilih untuk mempertaruhkan posisinya di industri dan menciptakan perusahaan produksi, Cruise/Wagner, dengan mantan agen casting Paula Wagner. 

Yang pertama di depan matanya adalah adaptasi yang direncanakan Paramount dari serial TV "Mission: Impossible". Cruise membantu membawa sutradara Brian De Palma ke dalam proyek, yang pada gilirannya mempekerjakan penulis skenario David Koep, yang pernah bekerja dengannya di Carlito's Way. Namun, itu bukan proses penulisan naskah biasa. 

Anekdot dari Cruise, Koep, dan lainnya mengungkapkan aksi ikonik yang dipikirkan terlebih dahulu, kemudian sebuah cerita harus dipasang untuk mencakup potongan-potongan itu. Koep, dalam sebuah wawancara dengan Collider menyebut penulisan naskah film Mission: Impossible membuat stres.

Dia mengatakan dipecat dari film sehingga Robert Towne bisa mencobanya. Namun, Koep akhirnya kembali dalam keadaan yang tidak biasa.

"Towne masuk dan seperti melemparkan semua halaman ke udara dan hal-hal tetap cukup kacau. Kemudian tiga pekan sebelum shooting mereka berkata 'Maukah Anda kembali dan mencoba menyatukan semuanya kembali, tetapi Bob akan terus bekerja, dan kami akan mencari tahu apa yang akan kami lakukan. Aku seperti, 'Oke, ini pasti menarik’," ujar Koep. 

2. Wajah Tom Cruise selalu terbentur selama aksi pembobolan CIA

Salah satu aksi paling ikonik dari film Mission: Impossible adalah saat Ethan menerobos ke brankas CIA. Adegan ini selalu menjadi adegan ikonik dari film pertama.

Tantangan Hunt adalah dia tidak dapat membuat suara atau menyentuh tanah tanpa menyalakan alarm. Meskipun penonton mungkin berpikir bahwa ini tidak akan terlalu sulit dibandingkan beberapa aksi yang dilakukan Cruise dalam film-film yang lebih baru, tapi tentu saja tidak mudah. Faktanya, Cruise terus merusak pengambilan gambar karena wajahnya selalu terbentur  selama urutan penting.

Saat Krieger (Jean Reno) menjatuhkan Ethan hampir ke tanah dan tersangkut hanya beberapa inci dari lantai, Cruise terus menyerah pada gravitasi. Akibatnya wajahnya terbentur di lantai. 

Dengan hanya satu take tersisa saat shooting di Pinewood Studios di London, Cruise memasukkan koin pound Inggris di sepatunya untuk membantunya menyeimbangkan. Solusi sederhana ini berhasil, membuat dia dan semua orang takjub, dan mereka berhasil.

3. Danny Effman mengaransemen musik hanya dengan tenggat lima pekan

Alan Silvestri adalah komposer asli yang disewa untuk mencetak musik teman untuk Mission: Impossible. Namun, sutradara Brian De Palma akhirnya tidak menyukai apa yang dia kumpulkan. Dia pun membawa Danny Elfman untuk mengambilalih hanya dengan tenggat waktu lima pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement