Rabu 09 Jun 2021 01:15 WIB

Tren Bugar Dry Scooping di TikTok Bisa Bahayakan Jantung

Dry scooping merupakan cara mengonsumsi suplemen tanpa melarutkan bubuknya.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk minuman kesehatan (ilustrasi). Menelan mentah bubuk minuman kesehatan sebelum berolahraga tengah menjadi tren di TikTok.
Foto:

Bhusri mengatakan, tujuan dry scooping adalah untuk memungkinkan suplemen penambah kinerja sebelum latihan memasuki aliran darah lebih cepat daripada minuman pra-latihan biasa. Pada umumnya, bubuk minuman kesehatan ini dilarutkan dengan susu atau air untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

Bedanya, pada video-video yang beredar di TikTok, pengguna menelan bubuk kering baru kemudian mengonsumsi cairan. Bubuk suplemen itu terdiri atas berbagai kandungan, termasuk kafein, creatine, taurine, B-viatmins, NO2-boosters, dan asam amino rantai cabang.

Bhusri menjelaskan, dengan mengonsumsi bubuk suplemen tanpa dilarutkan, penyerapan dimulai langsung melalui selaput di mulut dan berlanjut melalui kerongkongan dan masuk ke perut. Karena bubuk kering bersifat murni yang tak mengalami pengenceran, maka hal itu akan membuat kandungan bubuk masuk cepat ke dalam aliran darah, dan menghasilkan pelepasan suplemen secara langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement