Kamis 03 Jun 2021 15:31 WIB

Mukormikosis Kok Sampai Keliru Disebut Infeksi Jamur Hitam?

Istilah infeksi jamur hitam belakangan dikaitkan dengan kasus mukormikosis.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perawat menyiapkan obat untuk pasien Covid-19 di ruang perawatan intensif di rumah sakit (Ilustrasi). Kasus infeksi mukormikosis melonjak hingga 12 ribuan dan menyebabkan lebih dari 300 kematian di kalangan pasien Covid-19 India.
Foto:

Terkait mukormikosis, Dr Anna mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di India diiringi juga oleh lonjakan kasus mukormikosis. Pasien Covid-19, khususnya dengan derajat penyakit berat atau kritis, merupakan salah satu kelompok yang lebih berisiko untuk terkena mukormikosis karena memiliki sistem imun yang lebih rendah.

"Pada kondisi itu (Covid-19 berat atau kritis), biasanya terjadi gangguan sistem kekebalan yang serius sehingga pasien tidak sanggup menghilangkan elemen jamur (yang masuk ke dalam tubuh)," kata Dr Anna.

Selain pasien Covid-19, beberapa kelompok lain juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena mukormikosis. Mereka adalah pasien diabetes, terutama dengan kadar gula darah yang tak terkontrol, pasien sakit berat yang menerima kortikosteroid atau obat penekan imunitas, pasien kanker dan penerima transplantasi organ, hingga pasien gagal ginjal kronis atau pasien yang menjalani terapi hemodialisis.

Mukormikosis termasuk penyakit yang langka, tapi berbahaya. Angka kematian mukormikosis berkisar antara 46-96 persen, tergantung kondisi pasien. Selain itu, mukormikosis juga berpotensi menyerang berbagai sistem organ sehingga mengakibatkan munculnya beragam gejala klinis yang bisa berkembang cepat.

Salah satu tanda klasik dari mukormikosis adalah timbulnya nekrosis atau kematian jaringan secara cepat. Kematian jaringan ini terjadi akibat invasi jamur yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan trombosis atau gumpalan darah.

"Serta kelainan jaringan berwarna hitam atau black eschar," ujar Dr Anna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement