Ahad 30 May 2021 16:24 WIB

Spanyol Buka Kembali Pelabuhannya untuk Kapal Pesiar 7 Juni

Sektor pariwisata Spanyol babak belur selama pandemi Covid-19.

Kapal pesiar (ilustrasi)
Foto: saudigazette
Kapal pesiar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Spanyol akan membuka kembali pelabuhannya untuk kapal pesiar internasional mulai 7 Juni. Dengan harapan, menjelang musim panas Eropa tahun ini mampu menyelamatkan sektor pariwisata yang babak belur akibat pandemi.

Otoritas kelautan Spanyol menyetujui pelabuhan tersebut dibuka kembali, mengingat kecilnya tingkat insiden Covid-19 dan peningkatan vaksinasi, menurut instruksi yang dimuat dalam lembar negara Spanyol, Sabtu. Spanyol mulai memberlakukan pelarangan kapal pesiar pada Juni 2020 saat pandemi melanda Eropa.

Baca Juga

"Perusahaan ekspedisi wajib mematuhi aturan dari Kementerian Kesehatan ... guna menjamin keamanan komprehensif, baik untuk penumpang kapal pesiar maupun kota tempat mereka berlabuh," kata Kementerian Transportasi melalui Twitter, Sabtu (29/5).

Pihaknya menambahkan bahwa sebelum pandemi, Spanyol menjadi tujuan populer kedua bagi kapal pesiar internasional di Eropa. Spanyol, yang juga merupakan negara paling banyak dikunjungi kedua di dunia sebelum krisis kesehatan, adalah salah satu negara Eropa yang mengalami pandemi terparah, dengan 79 ribu lebih kematian dan 3,7 juta kasus Covid-19.

Jumlah wisatawan mancanegara ke Spanyol anjlok 80 persen tahun lalu lantaran serentetan pembatasan Covid-19 menghentikan operasi industri. Namun, dengan tingkat kasus Covid-19 yang rendah, peningkatan vaksinasi, serta penghapusan jam malam di sebagian besar wilayah, Spanyol ingin membuka kembali industri pariwisatanya yang vital musim panas ini.

Perdana Menteri Pedro Sanchez pekan lalu mengumumkan, bahwa Spanyol akan menyambut kembali wisatawan dari seluruh dunia mulai 7 Juni, asalkan mereka sudah divaksin Covid-19.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement