Ahad 23 May 2021 14:15 WIB

7 Aktor Korea yang Menarik Perhatian Hollywood

Film dan aktor Korea membuat gelombang di Hollywood beberapa tahun terakhir ini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Aktor Korea Selatan, Lee Byung Hun.
Foto: AP
Aktor Korea Selatan, Lee Byung Hun.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Film dan aktor Korea membuat gelombang di Hollywood beberapa tahun terakhir ini. Entah itu film seperti Parasite yang telah menarik banyak kesuksesan kritis, atau aktor seperti Youn Yuh-jung, yang menjadi viral karena berbagai pidato acara penghargaannya.

Bakat Korea mendapatkan pengakuan secara internasional. Dilansir Soompi pada Ahad (23/5), berikut beberapa talenta Korea yang telah bekerja, baik di Korea maupun di Amerika Serikat.

Baca Juga

 

1. Youn Yuh-jung (Minari)

Minari sangat populer di seluruh musim penghargaan di AS. Itu adalah film Amerika mengharukan tentang keluarga imigran Korea Selatan yang pindah ke daerah pedesaan AS, dan mencoba mendapatkan penghasilan dengan menanam dan menjual hasil bumi. Youn Yuh-jung, khususnya, telah mencuri hati di Amerika, dengan penggambarannya yang mencuri perhatian sebagai nenek yang bukan nenek rata-rata. Tak hanya itu, dia menerima banyak pengahragaan, sebagai aktris Korea pertama, yang memenangkan SAG, BAFTA, dan Oscar. Dia juga mengajak Brad Pitt bercanda saat menerima penghargaan.

 

2. Song Kang-ho (Parasite)

Sebelum Minari membanjiri media sosial Amerika, film berjudul Parasite berhasil meraih prestasi serupa di tahun sebelumnya. Selain menyapu semua jenis penghargaan di  mana-mana, Parasite juga membuat sejarah dengan menjadi film non-Inggris pertama yang memenangkan Oscar untuk Film Terbaik, dan film Korea pertama yang memenangkan Golden Globe, serta penghargaan SAG untuk Penampilan Luar Biasa. 

Song Kang-ho, kepala keluarga Kim dalam komedi gelap Parasite, sebenarnya sering menjadi kolaborator sutradara Bong Joon-ho. Mereka juga bekerja sama dalam Snowpiercer yang mendapat pujian kritis, yaitu sebuah film 2013 yang juga merupakan debut film berbahasa Inggris Bong Joon-ho, yang menampilkan aktor-aktor Hollywood ternama seperti Chris Evans, Tilda Swinton, dan Octavia Spencer.

Faktanya, Song Kang-ho  membintangi banyak film Korea yang sangat sukses, termasuk The Good, The Bad, The Weird, dan A Taxi Driver. Yang terakhir berdiri sebagai film terlaris ke-12 di Korea Selatan hingga saat ini, dan sebagian didasarkan pada peristiwa nyata tentang bagaimana seorang sopir taksi secara tidak sengaja terlibat dalam pemberontakan bersejarah.

 

3. Lee Byun-hun (GI-Joe)

Lee Byun-hun telah masuk ke Hollywood dan membintangi sejumlah film, termasuk GI Joe dan The Magnificent Seven. Dia juga aktor Korea pertama yang hadir di Academy Awards, serta salah satu yang pertama meninggalkan jejak tangan dan jejak kaki mereka di halaman depan Teater Cina Grauman di Hollywood. Aktif dalam film dan TV, filmografi Korea Lee Byun-hun sangat banyak, misalnya serial “Mr. Sunshine,” “Iris.”

 

4. Bae Doona (Cloud Atlas)

Seperti Lee Byun-hun, Bae Doona telah membintangi sejumlah produksi Hollywood. Dia bekerja sama dengan Wachowski dalam film Cloud Atlas dan Jupiter Ascending, serta serial TV "Sense8.” Selain itu, sejak Netflix dan K-dramaland mulai bekerja sama, semakin banyak drama Korea yang mendapat pengakuan lebih luas, terutama di Amerika Serikat. Serial “Forest of Secrets” Bae Doona terpilih sebagai salah satu Acara TV Terbaik 2017 oleh The New York Times, sementara “Kingdom,” juga menarik banyak cinta dari para kritikus AS.

 

5. Ma Dong-seok (Train to Busan)

Ma Dong-seok, atau dikenal sebagai Don Lee, sebenarnya memiliki filmografi berbasis Korea. Sementara dia membuat gelombang dengan Train to Busan dan Along With the Gods, dia sekarang juga berdiri kokoh di pintu Hollywood dan secara resmi menjadi anggota keluarga MCU. 

Akhir tahun ini, dia akan membintangi Eternals sebagai Gilgames, bersama aktor seperti Angelina Jolie dan Salma Hayek. Dengan cara kerja film Marvel, proyek itu sepertinya bukan yang terakhir untuk Madong-seok. 

Selain semua blockbuster itu, Ma Dong-seok juga pernah terlibat dalam beberapa K-drama. Karya layar perak terbarunya adalah Squad 38 pada 2016, di mana ia berperan sebagai penegak pajak yang bekerja dengan seorang penipu (diperankan oleh Seo In-guk) untuk menjatuhkan orang kaya yang tidak membayar pajak.

 

6. Claudia Kim (Fantastic Beasts)

Sebenarnya, Ma Dong-seok bukanlah aktor pertama dalam daftar ini yang masuk ke MCU. Claudia Kim mendapatkan kehormatan itu, setelah berperan sebagai ilmuwan Helen Cho dalam Avengers: Age of Ultron pada 2015. Dia juga berperan sebagai Nagini dalam franchise besar lainnya, Fantastic Beasts. Sebelum menuju Hollywood, Claudia Kim membintangi beberapa drama Korea, termasuk "The Fugitive: Plan B" dan "Monster."

 

7. Daniel Henney (Hawaii Five-O)

Meskipun Daniel Henney telah membintangi beberapa film Hollywood, dia mungkin lebih dikenal karena muncul dalam acara AS seperti "Hawaii Five-O" dan "NCIS: Los Angeles.” Dia menjadi bagian serial reguler untuk "Criminal Minds: Beyond Borders" sebagai salah satu agen/profilernya. Ketika proyek itu berakhir, dia beralih ke seri induk dan tetap bersamanya sampai akhir penayangannya. 

Fakta menarik, Daniel Henney juga menjadi castmate Claudia Kim di "The Fugitive: Plan B,” dan itu adalah drama Korea terakhirnya sebelum pergi ke Amerika Serikat. Sebelum ini, dia benar-benar membuat debut aktingnya dengan rating-powerhouse "My Lovely Sam Soon" pada 2005. Dia berperan sebagai dokter Korea-Amerika yang mengikuti pasiennya kembali ke Korea.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement