Rabu 05 May 2021 18:29 WIB

Wajib Tahu, Ini 9 Fungsi NFC di Smartphone

Near-field Communication atau NFC merupakan fitur komunikasi yang mirip dengan WiFi

Samsung Galaxy A51, (ilustrasi).  Samsung A51 merupakan salah satu smartphone yang dilengkapi NFC.
Foto:

6. Location tagging

NFC juga memungkinkan Anda untuk check-in dengan sistem LBS (Location Based Service) dengan mudah.

Caranya juga sangat sederhana. Anda tinggal tap NFC tag yang ada di berbagai lokasi yang sudah mendukung fitur ini. NFC juga bisa digunakan untuk memindai tag yang berisi informasi peta lokasi sebuah toko.

7. Bertukar nomor telepon dengan cepat

Jika dulu Anda harus mengetik nomor dan menyimpannya secara manual dalam daftar kontak, namun dengan NFC Anda bisa bertukar nomor telepon dengan cepat. Cukup dekatkan smartphone Anda ke smartphone lainnya yang juga sudah dilengkapi dengan NFC dan kontak bisa langsung dikirim antarsmartphone.

8. Sebagai kunci keamanan

Fungsi NFC pada smartphone yang lainnya adalah kunci keamanan mobil, rumah, apartemen maupun kantor yang sudah dilengkapi dengan NFC tag. Untuk menggunakan fungsi ini, Anda hanya perlu menempelkan smartphone Anda ke sensor yang tersedia sehingga kunci tidak bisa diakses sembarangan orang dan keamanan Anda lebih terjaga.

9. Membuka aplikasi secara otomatis

NFC juga dapat membuka berbagai aplikasi dengan cara men-tap smartphone ke NFC tag yang ada di restoran maupun tempat publik lainnya. Anda juga bisa menyalakan lampu dengan tap NFC tag yang ada di rumah, memainkan musik tertentu dengan tap smartphone ke NFC tag yang tersedia.

Menyenangkan sekali ya? Nah itulah tadi informasi mengenai berbagai fungsi fitur NFC yang biasa ada pada smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Jika Anda tertarik membeli smartphone baru yang sudah mendukung fitur NFC, jangan khawatir karena saat ini fitur ini juga sudah disematkan pada smartphone kelas menengah yang harganya lebih terjangkau dari smartphone flagship.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement