Jumat 30 Apr 2021 14:16 WIB

5 Orang Didakwa atas Pencurian Anjing Lady Gaga

Lady Gaga menawarkan 500 ribu dolar AS bagi siapa pun yang menemukan anjingnya.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Lady Gaga.
Foto: EPA-EFE/SAUL LOEB
Lady Gaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak lima orang didakwa dalam kasus dugaan percobaan pembunuhan dan perampokan. Kasus ini terkait dengan penculikan dua anjing French bulldog milik penyanyi dan aktris asal Amerika Serikat (AS), Lady Gaga.

Sebelumnya, penculikan dua anjing tersebut membuat seorang dogwalker Ryan Fischer yang sedang mengajak anjing berjalan-jalan di wilayah sekitar Sunset Boulevard di Hollywood, Los Angeles terluka lantaran diserang dengan senjata api. Ia saat ini masih dalam pemulihan akibat luka tembak yang mengenai bagian dadanya.

Baca Juga

“Ini adalah kejahatan jalanan yang serius dan menyebabkan seorang pria terluka parah. Kami berupaya untuk mengungkap kasus ini secara menyeluruh di pengadilan,” ujar jaksa wilayah George Gascón, dilansir Aljazirah, Jumat (30/4).

Salah satu dari lima orang yang didakwa diketahui adalah perempuan yang mengembalikan anjing bulldog tersebut. Dalam video tentang insiden, terlihat ada sebuah sedan putih yang berhenti di dekat Fischer dan kemudian dua pria keluar, berusaha mengambil anjing, hingga salah satunya menarik pistol dan melepaskan satu tembakan.

Dua pria tersebut kemudian melarikan diri dengan mobil sambil membawa dua anjing bulldog tersebut. Atas insiden ini, Lady Gaga kemudian menawarkan hadiah sebesar 500.000 dolar AS bagi siapapun yang menemukan anjing bernama Koji dan Gustav itu.

Hanya dalam dua hari setelah insiden dan tawaran hadiah tersebut, Koji dan Gustav dikembalikan oleh seorang perempuan bernama Jennifer McBride ke kantor polisi Los Angeles. Pada awalnya, disebutkan bahwa ia nampak tidak terlibat dengan kejahatan itu. Namun, hingga penyelidikan lebih lanjut dilakukan, diketahui bahwa ia memiliki hubungan dengan ayah dari salah satu tersangka.

Polisi dilaporkan telah menangkap James Jackson (18), Jaylin White (19), dan Lafayette Whaley (27), sehubungan dengan insiden serangan tersebut. Menurut Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles County, mereka didakwa dengan percobaan pembunuhan, konspirasi untuk melakukan perampokan tingkat dua.

Jackson, yang menurut pihak berwenang adalah penembaknya, juga menghadapi dakwaan penyerangan dengan senjata api semi-otomatis dan sebagai seorang yang membawa senjata api tersembunyi di dalam kendaraan. Sementara ayah White dan McBride ditangkap dan dituduh sebagai pelengkap serangan tersebut.

Kelima tersangka didakwa Kamis oleh Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles County. Kelimanya ditahan dengan jaminan masing-masing satu juta dolar AS. Terkait penangkapan ini, Lady Gaga belum memberikan tanggapan, demikian dengan perwakilan Fischer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement