Rabu 07 Apr 2021 18:35 WIB

Riset: Satu dari Tiga Penyintas Covid Alami Gangguan Mental

Belum jelas bagaimana virus terkait dengan kondisi kejiwaan.

Riset: Satu dari Tiga Penyintas Covid Alami Gangguan Mental. Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) mengambil sampel darah dari seorang penyintas COVID-19 yang akan menjadi pendonor plasma konvalesen pada gelar donor darah di komplek Pertamina RU III Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (23/2/2021). Donor darah yang diselenggarakan sebagai rangkaian bulan K3 ini mendorong penyintas COVID-19 di lingkungan kerja Pertamina untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.
Foto:

Temuan baru ini, yang dipublikasi di jurnal Lancet Psychiatry, menganalisis catatan kesehatan 236.379 pasien Covid-19 yang mayoritas berasal dari Amerika Serikat. Catatan ini menemukan 34 persen di antaranya terdiagnosa penyakit kejiwaan atau saraf dalam waktu enam bulan.

Gangguan ini secara signifikan lebih umum pada pasien Covid-19 dibanding dengan kelompok pembanding mereka yang sembuh dari flu atau infeksi pernapasan lainnya selama periode yang sama. Hal ini menunjukkan Covid-19 memiliki dampak yang spesifik.

Kecemasan 17 persen dan gangguan suasana hati (mood), 14 persen adalah yang paling umum, dan sepertinya tidak terkait dengan seberapa ringan atau parah Covid-19 yang dialami si pasien. Akan tetapi, pasien Covid-19 parah di ICU, tujuh persen di antaranya mengalami strok dalam waktu enam bulan.

Hampir dua persen terdiagnosa demensia. "Meski risiko individu untuk sebagian besar gangguan kecil, efek terhadap seluruh populasi bisa jadi besar," kata profesor kejiwaan Universitas Oxford yang juga memimpin riset tersebut Paul Harrison.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement