Selasa 23 Mar 2021 15:49 WIB

Studi: Berwisata Alam Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wisata alam memberikan tubuh kesempatan mendengarkan suara dan aktivitas alam.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Wisata alam memberikan tubuh kesempatan mendengarkan suara dan aktivitas alam.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Wisata alam memberikan tubuh kesempatan mendengarkan suara dan aktivitas alam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menyebut bepergian ke wisata alam tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi manusia. Terutama jika mendengarkan suara aktivitas alam seperti mendengarkan suara kicauan burung, suara gemercik air dan sebagainya.

"Dalam banyak hal, adanya pandemi  Covid-19 telah menekankan pentingnya alam bagi kesehatan manusia sehingga banyak orang yang sering bepergian ke alam selain untuk menyegarkan pikiran, hal ini juga bisa membuat tubuh sehat. Apalagi terdapat suara- suara yang benar indah untuk didengarkan seperti kicauan burung. Ini bagus untuk kesehatan," kata Peneliti Rachel Buxton dari Universitas Carleton, Kanada dikutip dari newatlas.com, Selasa (23/3).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan alam adalah hal yang menyenangkan. Seperti berwisata ke hutan, itu bisa merangsang dan menenangkan pikiran. Dari studinya menunjukkan kalau suara alam tidak hanya berkah dari sang pencipta tetapi juga dapat memiliki efek positif pada kesehatan manusia. 

Ia menambahkan telah menganalisis rekaman suara dari 251 lokasi di 66 taman nasional Amerika Serikat (AS). Ia menemukan di daerah dengan tingkat suara alam yang tinggi dan suara buatan yang rendah. Tingkat suara alam yang tinggi menunjukkan peningkatan kesehatan, menurun rasa sakit, suasana hati membaik, kinerja kognitif meningkat, emosi positif meningkat dan gangguan stres yang lebih rendah. 

Selain itu, suara lain memiliki efek yang berbeda seperti suara air terbukti paling baik untuk meningkatkan emosi positif dan hasil kesehatan sementara suara kicauan burung membantu subjek mengatasi stres dan gangguan.

"Dalam hal ini, harus banyak pembangunan taman di tengah kota agar masyarakat memiliki ruang untuk beristirahat sejenak. Selain itu, bisa menyegarkan pikirannya yang lelah setelah bekerja seharian," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement