Jumat 19 Mar 2021 11:19 WIB

Ekspedisi 30 Gunung Ini Usung Misi Khatam Alquran

kickoff kegiatan pendakian bakal dilakukan pada 26 Mei mendatang.

samawe adventure
Foto: facebook
samawe adventure

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Siap mendaki tiga puluh puncak gunung di Indonesia sambil mengkhatamkan Alquran? Misi itulah yang diusung dalam ekspedisi pendakian yang digagas oleh komunitas asal Bekasi, Samawe Adventure.

Raden Bambang Adi Wijaya, salah satu founder Samawe Adventure sekaligus pendaki utama dalam ekspedisi 30 Summits, menjelaskan kickoff kegiatan bakal dilakukan pada 26 Mei mendatang.

“Gunung pertama yang akan kita daki adalah Leuser di Aceh,” katanya dalam obrolan ringan kepada Republika.co.id di Jakarta, Kamis (18/3).

Pria yang akrab disapa Awe ini menjelaskan ekspedisi ini akan rencananya berdurasi waktu sekitar 11 bulan. Dari 33 puncak gunung tersebut, ia mengatakan, nantinya dibagi ke dalam tiga etape pendakian. Pendaki yang akan terlibat berjumlah enam orang. Rinciannya adalah masing-masing dua pendaki utama dan pendaki lokal, serta dua orang videografer.

“Etape pertama wilayah Sumatera. Gunung yang didaki rencananya Leuser, Singgalang-Merapi, Kerinci, dan Dempo di Palembang. Selanjutnya etape kedua gunung di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Lalu etape ketiga wilayah Sulawesi, Kalimantan, Ambon, dan Papua,” paparnya.

Awe mengatakan di setiap puncak gunung nantinya diniatkan bisa tuntas satu juzz Alquran. Dengan 30 puncak yang disambangi, ia berharap, rencana khatam Alquran bisa diwujudkan.

“Dalam eksepedisi ini kita mencoba merekam semua kondisi faktual dari setiap gunung melalui video. Tapi kami tidak Hanya sekadar mendaki saja tetapi ada misi yang bersifat refleksi dengan cara melantunkan ayat Alquran dari atas gunung,” ujarnya.

Anna saragih, salah satu pegiat pariwisata asal Temanggung, menyambut positif ekspedisi yang dilakukan oleh Samawe Adventure ini. Ia berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak untuk menggeliatkan pariwisata di daerah, khususnya di daerah Temanggung.

“Temanggung itu masih belum banyak dikenal jika dibandingkan dengan wisata di Wonosobo yang ada Dieng. Padahal di Temanggung itu memiliki banyak spot wisata yang menarik. Inilah yang kita harapkan semoga ekspedisi Samawe ini bisa mendorong banyak hal di daerah kami,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement