Kamis 04 Mar 2021 18:04 WIB

Film Adaptasi dari Gim Arkade dengan Skor Tertinggi

Animasi Wreck-It Ralph menjadi salah satu film dari gim arkade terbaik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film Wreck-It Ralph menjadi salah satu film yang diadaptasi dari gim arkade.
Foto: Walt Disney Studios.
Film Wreck-It Ralph menjadi salah satu film yang diadaptasi dari gim arkade.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Gim arkade yang berakar dari Jepang dan Amerika Serikat (AS) menjadi populer di beberapa bagian dunia, terutama pada era 1980-an dan 1990-an. Kala itu, muncul gim seperti Donkey Kong, Sonic, dan Pac-Man.

Beberapa gim diangkat menjadi ide cerita sebuah film. Sebagian mendapat ulasan positif, sementara sebagiannya lagi memperoleh respons negatif. Berikut beberapa film yang diadaptasi dari gim arkade yang mendapat rating memuaskan dari IMDb, seperti dilansir di laman Screen Rant, Kamis (4/3):

1. The King of Kong: A Fistful of Quarters (2007)

Film dokumenter ini mendapat rating 8,1. Film ini cenderung berfokus pada permainan arkade kompetitif melalui lensa pemain Steve Wiebe, saat dia mencoba mengumpulkan skor tertinggi di Donkey Kong 1981, memecahkan semua rekor sebelumnya.

Sinema tersebut menyeimbangkan antara kegembiraan dengan keseriusan. The King of Kong memperkenalkan kepada penonton tentang semua aspek kejuaraan arkade, mulai dari mempelajari karakter para pemain hingga meliput pekerjaan organisasi Twin Galaxies yang didedikasikan untuk melacak skor tinggi secara profesional untuk gim arkade klasik.

2. Wreck-It Ralph (2012) 

Film animasi garapan Disney ini, dengan mudah menjadi salah satu film gim video terbaik, meskipun tidak didasarkan pada satu gim tertentu. Film ini masuk nominasi Oscar sebagai animasi berlatar dunia yang berkembang di dalam mesin gim arkade. Karakter tituler (disuarakan oleh John C Reilly) adalah 'penjahat' khas arkade yang ingin menjadi pahlawan untuk perubahan. Wreck-It Ralph mendapat skor 7,7 di IMDb.

3. Sonic the Hedgehog (2020)

Saat trailer pertama Sonic the Hedgehog dirilis, sebagian besar orang di internet tampaknya kecewa dengan desain CGI karakter tersebut. Beberapa di antaranya menganggapnya terlalu aneh. Namun, setelah desain visual landak itu sepenuhnya direnovasi untuk tampilan gim video yang lebih akurat, Sonic the Hedgehog ternyata menjadi kejutan yang menggembirakan. Film ini mendapat rating 6,5.

4. Rampage (2018)

Aktor Dwayne Johnson kembali ke dunia gim arkade dengan film bertema monster, Rampage. Sinema yang mendapat skor 6,1 ini menawarkan efek visual beranggaran besar.

5. Mortal Kombat (1995)

Mungkin original soundtrack (ost) dari film Mortal Kombat, lebih mengesankan dibandingkan film itu sendiri. Kekurangan utama film ini terletak pada kurangnya korban jiwa.

Sang sutradara, Paul WS Anderson, dinilai gagal menangkap arti pertarungan gim tersebut. Film ini hanya mendapat rating 5,8 di IMDb. Lebih dari dua dekade kemudian, film reboot Mortal Kombat akan tayang pada tahun ini, diyakini dapat menawarkan secercah harapan.

Selain kelima film tersebut ada pula film Pixel (2015) dengan skor 5,5; Doom (2005) dengan rating 5,2; Tekken (2009) dengan nilai 4,8; Super Mario Bros dengan skor 4,1; dan House of the Dead dengan rating 2,0.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement