Selasa 02 Mar 2021 10:29 WIB

Lukisan Langka Karya Picasso akan Dilelang

Lukisan bertajuk "Femme au Béret Mauve" akan dilelang Mei mendatang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Picasso
Foto: Wikimedia
Picasso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah lukisan karya pelukis Spanyol, Pablo Picasso, yang disimpan sebagai koleksi pribadi akan dilelang. Lukisan bertajuk "Femme au Béret Mauve" akan masuk dalam deretan lukisan lain yang dipamerkan di balai lelang Bonhams pada Mei.

Lukisan klasik itu merupakan salah satu dari sekian potret yang menggambarkan sosok kekasih Picasso bernama Marie-Thérèse Walter. “Femme au Béret Mauve” diprediksi dilukis pada awal tahun 1937, ketika Perang Spanyol sedang berlangsung.

Baca Juga

Saat itu, kehidupan pribadi Picasso terpecah antara dua wanita yaitu Marie-Thérèse Walter, kekasih yang telah menemaninya hampir sepuluh tahun dan teman barunya bernama Dora Maar. Lukisan yang akan dijual oleh Bonhams adalah salah satu dari banyak representasi Marie-Thérèse Walter yang dilukis di Tremblay-sur-Mauldre, sebuah desa sekitar 50 kilometer sebelah barat Paris di mana Walter tinggal. Picasso sering datang mengunjungi kekasihnya pada akhir pekan.

“Potret Marie-Thérèse Walter yang interaktif dengan nuansa ceria ini memancarkan stabilitas dan ketenangan, dalam kehidupan pribadi Picasso yang sebenarnya sedang kacau. Seluruh Eropa juga hidup di bawah bayang-bayang perang,” kata Wakil Presiden Senior Bonhams, Molly Ott Ambler seperti dilansir dari laman Malay Mail pada Selasa (2/3).

"Femme au Béret Mauve" muncul di pasar untuk pertama kalinya sejak tahun 1984, ketika seorang kolektor membeli lukisan itu di galeri seni New York. Lukisan itu diperkirakan bernilai 10 juta hingga 15 juta dollar AS atau sekitar Rp 210 miliar.

Potret lain dari Marie-Thérèse Walter pada periode yang sama, berjudul “Femme au béret et à la robe quadrillée (Marie-Thérèse Walter)”, telah dijual seharga 49,8 juta poundsterling di Sotheby pada tahun 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement