Jumat 26 Feb 2021 02:57 WIB

Makanan Penting untuk Merawat Kesuburan Rambut

Banyak faktor yang memengaruhi kerontokan rambut.

Rep: Desy Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Rambut Rontok (ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Rambut Rontok (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Ahli Gizi Winda Ekayanti banyak hal yang memengaruhi kerontokan rambut jika ditinjau dari faktor gizi. Dia mengatakan  stres berkepanjangan mempengaruhi perubahan pola makan, waktu makan yang tidak teratur, serta jenis makanan yang dikonsumsi. Semua hal ini dapat mempercepat kerontokan rambut.

“Ketika pikiran mengalami tekanan, tubuh merespons dengan mencari asupan yang dapat menangkal stres, yaitu menu camilan dengan kadar gula tinggi. Satu hal yang perlu disadari bahwa asupan tinggi gula sebenarnya tidak baik bagi kesehatan dan kulit," ucap dia, melalui siaran pers.

Baca Juga

Menurut Winda, banyak sumber makanan kaya vitamin dan nutrisi penting untuk merawat kesuburan rambut, bahkan beberapa dapat ditemukan di dalam kulkas rumah.

Salmon

Kandungan tinggi protein dan vitamin D pada ikan salmon merupakan kunci rambut kuat. Selain itu, asam lemak Omega-3 sungguh diperlukan tubuh untuk menumbuhkan rambut karena Omega-3 juga ditemukan pada membran sel kulit kepala serta minyak alami yang menjaga agar kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Wortel

Merupakan sumber antioksidan beta-karoten yang baik. Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dalam wortel penting untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala sehingga rambut terlihat sehat dan berkilau.

Itulah sebabnya makanan yang dikenal sehat untuk mata ini ternyata termasuk salah satu makanan rekomendasi untuk cegah rambut rontok.

Telur

Kaya akan vitamin B dan mengandung Biotin dalam jumlah tinggi. Keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Selain kandungan Biotin, telur juga mengandung zat besi, zinc, dan Omega-6 yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut. Pilihan produk lain yang juga mengandung vitamin B dan Biotin adalah susu atau yogurt.

Daging ayam

Merupakan makanan yang kaya protein dan rendah lemak, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut. Daging unggas juga mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab rambut kusam dan mudah patah. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen dan memaksimalkan penyerapan zat besi yang berguna dalam menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala.

Selain memperhatikan asupan bermutu sehari-hari, konsultasi dengan hairdresser untuk menemukan solusi perawatan terbaik dalam mencegah hair fall.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement