Rabu 17 Feb 2021 08:00 WIB

Shower di Rumah Kotor? Begini Cara Membersihkannya

Pembersihan kepala shower setidaknya perlu dilakukan satu bulan sekali.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Shower (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Shower (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala shower seharusnya diganti setiap enam bulan. Akan tetapi, masa penggunaan kepala shower bisa diperpanjang bila alat ini dibersihkan secara rutin dengan cara yang tepat.

Pembersihan kepala shower setidaknya perlu dilakukan satu bulan sekali agar fungsinya tetap optimal. Jangan terkecoh dengan tampilan luar kepala shower yang terlihat bersih, karena bagian dalamnya bisa jadi sudah sangat kotor.

Alat mandi ini perlu dibersihkan secara rutin karena deposit bahan organik dan mineral akan menumpuk di dalam kepala shower. Penumpukan ini dapat menyebabkan penyumbatan sehingga aliran air menjadi lemah.

Tak hanya itu, kepala shower yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang berkumpulnya bakteri, jamur, dan kuman-kuman lain. Kuman-kuman ini bisa hidup dalam lingkungan panas, lembap, dan basah di area kepala shower.

Semua hal yang mungkin terjadi akibat kepala shower tak dibersihkan bisa memicu terjadinya masalah kesehatan. Oleh karena itu, kepala shower perlu dibersihkan secara rutin dengan cara yang benar.

Bila kepala shower di rumah bisa diambil dan dipindahkan dengan mudah dari dinding, hal yang diperlukan untuk membersihkannya adalah ember, cairan pembersih, dan cuka putih.

"Anda bisa merendam (kepala shower) semalaman di dalam ember atau di dalam wastafel dengan air hangat yang dicampur dengan cairan pembersih dan cuka putih," ujar influencer Lynsey Queen of Clean, pemilik akun Instagram @lynsey_queenofclean, seperti dilansir di laman Express, Rabu (17/2).

Setelah itu, gosok setiap bagian kepala shower keesokan paginya. Langkah selanjutnya adalah membilas dan membersihkan kepala shower dengan air bersih.

Bila kepala shower tertutupi oleh limescale membandel, yang perlu digunakan untuk membersihkannya adalah asam sitrat. Bisa juga menggunakan produk khusus untuk membersihkan limescale.

Bila kepala shower di rumah memiliki desain yang tak bisa dilepas dan hanya menempel di dinding, metode yang berbeda perlu dilakukan. Untuk desain kepala shower seperti ini, yang diperlukan adalah handuk lama dan juga cuka putih.

Basahi handuk dengan cuka putih. Setelah itu, tutupi area kepala shower dengan handuk tersebut. Diamkan selama 15-20 menit lalu gunakan tusuk gigi untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan pada lubang di kepala shower.

Lynsey mengingatkan agar kepala shower tidak dibersihkan dengan produk cairan pemutih atau produk berbahan kimia serupa lainnya. Produk seperti ini akan merusak area kepala shower dan kepala shower mengelupas. Hindari pula menggunakan sikat kasar karena dapat membuat area shower tergores.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement