Jumat 12 Feb 2021 03:45 WIB

Pola Makanan Sehat yang Bisa bantu Tingkatkan Suasana Hati

Ahli menyebut pola makanan sehat yang picu serotonin bisa perbaiki suasana hati

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
pola makan sehat (ilustrasi). Psikiater Julie Wood menyarankan makanan tinggi protein dan sayuran untuk tingkatkan suasana hati
Foto: Wikimedia
pola makan sehat (ilustrasi). Psikiater Julie Wood menyarankan makanan tinggi protein dan sayuran untuk tingkatkan suasana hati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meningkatkan suasana hati bisa dimulai dengan menerapkan pola makanan yang sehat. Sebab, makanan yang dikonsumsi mempengaruhi otak dan tubuh. Selain itu, harus berkegiatan sebanyak mungkin dan tetap terhubung dengan keluarga dan teman.

"Makanan memang bisa memengaruhi mood kita. Makanan tertentu dapat meningkatkan neurotransmiter, zat kimia ke otak kita. Misalnya, serotonin adalah penstabil suasana hati alami. Itu diketahui bisa menenangkan dan mengurangi depresi, meningkatkan gejala suasana hati yang positif," kata Psikiater Julie Wood dari Optum Idaho dikutip dari ktvb.com, Rabu (10/2).

Kemudian, ia merekomendasikan agar masyarakat mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, telur dan tahu.

"Peningkatan dopamin setelah makan protein tinggi dapat mengubah kewaspadaan kita dengan cara yang baik, motivasi kita, kemampuan kita untuk berkonsentrasi," kata dia.

Ia juga menyarankan agar mengkonsumsi minuman bebas kafein, teh herbal dan jus buah. Namun, tetap hati-hati dengan kandungan gulanya dan air. "Tetap terhidrasi dengan baik, karena dapat meningkatkan suasana hati, konsentrasi, tingkat energi dan bahkan memengaruhi nafsu makan kita," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement