Jumat 12 Feb 2021 06:45 WIB

Bahaya Makan Fried Chicken Secara Rutin Menurut Ahli

Mengonsumsi fried chicken setiap hari akan meningkatkan kadar kolesterol.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Mengonsumsi fried chicken setiap hari akan meningkatkan kadar kolesterol.
Foto:

4. Mengubah mood

Makanan yang dikonsumsi bisa juga berpengaruh pada mood. Sekitar 95 persen dari suplai serotonin (hormon perasaan senang) tubuh kita diproduksi oleh bakteri usus di saluran gastrointestinal (GI). Saluran pencernaan juga dilapisi dengan jutaan sel saraf disebut neuron, yang membantu mencerna makanan dan mengatur suasana hati Anda. Berapa banyak serotonin yang dihasilkan usus Anda sebagian besar didasarkan pada seberapa banyak bakteri baik yang menyusun mikrobioma usus Anda.

Nah, makan fried chicken secara rutin dapat menyebabkan lebih banyak bakteri jahat yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak peradangan dalam tubuh. Ini juga dapat menghambat produksi serotonin di usus dan kemudian dikomunikasikan dengan otak.

5. Meningkatkan risiko kematian

Percaya atau tidak, fried chicken bisa meningkatkan risiko kematian. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ, wanita yang mengonsumsi satu porsi fried chicken sekali sehari memiliki risiko kematian 13 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita yang tidak makan makanan gorengan.

Karena itulah, penting untuk membatasi konsumsi fried chicken. Idealnya, makan fried chicken satu kali saja dalam seminggu agar pencernaan dan tubuh menjadi lebih sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement