Kamis 04 Feb 2021 06:52 WIB

Viral Minuman Lemon Penunda Menstruasi di TikTok, Amankah?

Popularitas minuman penunda menstruasi ini memunculkan beragam pertanyaan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Viral Minuman Lemon Penunda Menstruasi di TikTok, Amankah?
Foto:

Namun, tidak semua TikToker mempercayai minuman yang sedang tren ini. Pengguna TikTok bernama Karla Jimenez misalnya, mengatakan resep minuman tersebut sudah sangat dikenal di Meksiko. Akan tetapi, Karla mengatakan, minuman tersebut sebenarnya tidak benar-benar berdampak dalam menunda atau menghentikan menstruasi.

Karena itu, Karla menilai tren ini sebagai sesuatu yang lucu. "Saya rasa banyak orang Latin yang sependapat (dengan komentar saya) juga," ungkap Karla.

Pada dasarnya, tidak ada dokter spesialis obestetri dan ginekologi yang merekomendasikan resep minuman ini sebagai penunda menstruasi. Hal ini pula yang disampaikan oleh spesialis obstetri dan ginekologi Jessica Shepherd.

Jessica mengatakan, tren minuman ini kemungkinan berakar dari keyakinan mengenai pengobatan dengan bahan-bahan alami. Namun, selama 15 tahun menjadi dokter, Jessica tidak pernah menemukan bukti kuat sari lemon dapat memengaruhi cara hormon memicu rahim untuk melepaskan lapisan endometrium.

"Tidak ada bukti yang mendukung sari lemon dapat menghalangi atau menghentikan menstruasi Anda," kata Jessica.

Terlepas dari itu, Jessica mengatakan, resep minuman ini tampak tidak berbahaya. Alasannya, semua bahan yang digunakan di dalamnya merupakan bahan natural.

Di sisi lain, Jessica juga mengatakan tidak ada yang salah dengan keinginan menunda menstruasi. Namun, cara menunda menstruasi yang sudah terbukti adalah dengan memanipulasi hormon di bawah pengawasan dokter.

"Cara dan frekuensi pemberian pil KB (oleh dokter) merupakan salah satu trik melakukannya," ujar Jessica.

 

Sumber: https://www.today.com/health/can-you-delay-your-period-experts-discuss-lemon-juice-trend-t206733

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement