Sabtu 30 Jan 2021 00:13 WIB

Gejala Covid-19 pada Lidah Menurut Dokter RSA UGM

Dokter spesialis di RSA UGM menjelaskan soal potensi gejala Covid-19 pada lidah.

Orang yang positif Covid-19 makin banyak yang mengeluhkan gangguan pada lidahnya. Ilustrasi
Foto: Twitter
Orang yang positif Covid-19 makin banyak yang mengeluhkan gangguan pada lidahnya. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) dr Anton Sony Wibowo menjelaskan soal adanya potensi gejala covid tongue. Ini adalah gejala Covid-19 berupa perubahan karakteristik pada lidah.

"Terjadi perubahan warna lidah, bentuk permukaan lidah, derajat sensitivitas lidah, dan gambaran selaput permukaan lidah. Manifestasinya memang beragam bisa seperti pecah-pecah, herpes pada lidah, maupun jamur pada lidah, namun belum bisa disimpulkan secara spesifik ," kata Anton melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat (29/1).

Anton menyebutkan saat ini belum banyak data terkait covid tounge ini. Beberapa penelitian di luar negeri masih terbatas pada laporan kasus dan penelitian retrospektif yang menunjukkan adanya perubahan pada lidah yang signifikan.

Dari satu laporan penelitian retrospektif di China diketahui munculnya covid tongue memiliki karakteristik berbeda pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan, sedang, dan berat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement