Senin 18 Jan 2021 21:46 WIB

Donor Plasma Konvalesen, Prosesnya tak Sampai Sejam

Tidak semua penyintas Covid-19 dapat mendonorkan plasma konvalesennya.

Pasien sembuh COVID-19 yang merupakan dokter di Departemen Anastesi FK Universitas Sriwijaya dan RSMH Palembang mendonorkan plasma konvalesen di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Palembang, Sumatera Selatan, Senin (18/1/2021). Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menargetkan sebanyak 5.000 orang pasien sembuh COVID-19 mendonorkan plasma konvalesennya dalam satu bulan untuk menekan angka kematian akibat pandemi.
Foto:

Para penyintas Covid-19 baru dapat mendonorkan plasma konvalasen 14 hari setelah dinyatakan negatif dan tidak memiliki gejala Covid-19 lagi. Calon pendonor akan menjalani serangkaian pemeriksaan dan jika dinyatakan layak maka pengambilan plasma dapat dilakukan.

"Prosesnya sekitar 45-50 menit," jelas Silvi.

photo
Terapi plasma konvalesen, salah satu alternatif pengobatan pasien Covid-19 - (Republika)

Saat ini, baru terdapat lima orang pendonor plasma di Palembang. Tiga di antaranya berasal dari tenaga kesehatan dan dua masyarakat sipil.

"Dari satu pendonor bisa didapatkan dua hingga kantong plasma konvalesen," kata dia.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sumsel per 18 Januari 2021, jumlah kasus sembuh di Kota Palembang mencapai 4.840 orang, sekitar 1.000 orang di antaranya dinyatakan sembuh dalam kurun tiga bulan terakhir. Selain PMI Palembang, Rumah Sakit Umum Pusat Dr Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang juga telah memfasilitasi penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesenya sejak terapi itu dilakukan pertama kali di Jakarta pada Mei 2020.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement