Ahad 17 Jan 2021 18:19 WIB

Sering Boros? Contoh Kiat Berikut Agar Bisa Hemat

Jadikan gaya hidup hemat sebagai hal yang normal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
5 kiat agar bisa lebih berhemat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
5 kiat agar bisa lebih berhemat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bagi sebagian orang, menabung merupakan hal sulit. Lebih dari separuh orang di Inggris, tidak memiliki tabungan sebelum pandemi Covid-19.

Kondisi itu berubah saat ada kebijakan karantina wilayah pertama. Data menunjukkan, orang Inggris menjadi serius tentang tabungan dan secara signifikan meningkatkan jumlah uang yang mereka sisihkan.

Jika Anda bukan salah satu dari mereka, mungkin ini saatnya mempertimbangkan pengeluaran Anda. Meskipun selama ini Anda sudah menabung, dilansir di My Wallet Hero, berikut beberapa tip tidak biasa untuk membantu lebih berhemat.

1. Jangan tunggu sampai punya uang untuk diinvestasikan

Tahukah Anda pepatah lama, 'Bayar diri Anda dulu?' Nah, ini tidak hanya berlaku untuk menabung, tetapi juga untuk berinvestasi pada masa depan. Adalah mitos bahwa hanya orang yang kaya secara finansial yang dapat berinvestasi.

Faktanya, berinvestasi adalah cara bagus untuk menumbuhkan kekayaan, bahkan jika Anda memulai hanya dengan 100 poundsterling (sekitar Rp 1,9 juta) sebulan. Semakin awal Anda mulai memasukkan uang ke pasar, semakin banyak Anda menumbuhkan uang itu.

2. Pertahankan gaya hidup hidup hemat

Mungkin salah satu tip menghemat uang terbaik yang dapat diterapkan adalah hidup dengan lebih sedikit keinginan. Jangan menganggap hidup hemat sebagai sesuatu yang sementara, yang Anda lakukan saat anggaran terbatas.

Sebaliknya, jadikan gaya hidup hemat sebagai hal yang normal. Misalnya, apakah Anda benar-benar perlu membayar untuk tiga layanan streaming, bekerja dengan ojek daring, atau membeli kopi berkualitas?

Pertimbangkan untuk membeli sepeda atau pilih layanan streaming favorit Anda, dan batalkan sisanya. Ini adalah perubahan kecil yang tidak akan terasa seperti pengorbanan besar, tetapi akan mengurangi pengeluaran Anda secara keseluruhan, yang berarti Anda dapat menghemat lebih banyak. Membeli barang bekas dan mencari cara untuk menghibur diri sendiri tanpa pengeluaran uang juga akan membantu Anda hidup lebih hemat.

3. Perbaiki kebiasaan buruk Anda sejak dini

Berikut kiat mudahnya. Berapa pun penghasilan Anda, pengeluaran berlebihan akan selalu mengganggu tujuan penghematan uang. Misalnya, jika Anda cenderung mengeluarkan uang berlebihan saat merasa sedih atau kesepian, cari cara lain untuk menghibur diri sendiri.

Hal yang sama berlaku jika Anda berbelanja daring karena bosan atau tetap makan di luar secara teratur ketika Anda tidak mampu. Semakin cepat Anda memperbaiki perilaku yang tidak mendukung masa depan keuangan Anda, semakin baik nantinya.

4. Pelajari keterampilan DIY (do it yourself)

Mengenai tip untuk menabung, tekankan bahwa semakin banyak yang dapat Anda lakukan sendiri, semakin sedikit Anda akan membelanjakan. Meskipun Anda tidak ingin mengacaukan sistem kelistrikan atau gas rumah Anda, siapa pun dapat mempelajari beberapa keterampilan dasar perawatan rumah, termasuk cara menambal lubang di eternit, menggunakan bor, dan memperbaiki wastafel yang tersumbat.

Bahkan, Anda dapat mempelajari cara mengganti oli dan filter mobil untuk penghematan besar. Keterampilan itu adalah hal-hal yang membutuhkan waktu 10 menit untuk diperbaiki oleh seorang profesional dan kemungkinan besar akan menghabiskan biaya ratusan poundsterling. Anda dapat dengan mudah mempelajarinya sendiri dengan mengikuti kelas atau menonton beberapa video Youtube.

5. Jangan takut mencoba beberapa tip menghemat uang yang gila

Anda dapat menemukan uang tambahan dengan mendorong batasan sesekali untuk menghemat lebih banyak. Misalnya, Anda dapat mencoba pembekuan pengeluaran selama sepekan atau sebulan, di mana Anda tidak mengizinkan diri membeli apa pun, kecuali yang penting.

Anda juga dapat mencoba tidak mengemudi sama sekali selama sebulan dan bersepeda, menggunakan transportasi umum, atau berjalan ke mana-mana. Atau, Anda bisa menerapkan malam bebas listrik beberapa kali sebulan. Matikan semuanya dan habiskan waktu bermain permainan papan dengan cahaya lilin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement