Selasa 12 Jan 2021 03:06 WIB

5 Latihan Gym Tanpa Peralatan di Rumah

Pandemi mencuri kesempatan untuk berolahraga di gym

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Gita Amanda
Plank, (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Plank, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi banyak orang di seluruh dunia, pandemi mencuri kesempatan mereka untuk berolahraga di gym. Jika resolusi tahun baru Anda ingin bugar, seharusnya kondisi itu tidak menghentikan memulai latihan.

Untuk membantu membakar kalori ekstra dan mendapatkan tubuh impian pada 2021, berikut adalah lima latihan tanpa peralatan yang bisa Anda coba. Dilansir The Indian Express pada Senin (11/1), pelatih kebugaran Solomon Gomes membagikan tip latihan tanpa alat di rumah.

Crunch

Gomes menjelaskan crunch adalah salah satu bentuk latihan perut paling populer yang menargetkan otot perut dan otot inti. Latihan ini membantu dalam memperkuat dan mengencangkan otot perut dan obliques. Ada berbagai jenis crunch yang dapat dilakukan di rumah, termasuk Russian crunch, wiper crunch, reverse crunch, dan bicycle crunch.

Squat

Squat bagus untuk memperkuat tubuh bagian bawah, karena menargetkan punggung, pinggul, hingga ke sendi lutut. Latihan ini sangat efektif dan disukai banyak orang untuk mengencangkan dan menguatkan punggung. Latihan beberapa jenis squat yang dapat dilakukan di rumah, misalnya squat sumo, jump squat, air squat, dan narrow squat.

Lunges

Dari reverse lunge ke side lunges dan dari walking lunges ke twist lunges, latihan ini dikenal sebagai salah satu latihan tubuh bagian bawah yang paling efektif untuk orang-orang dari segala usia. Gomes menjelaskan latihan ini adalah posisi di mana satu kaki diposisikan di depan dengan lutut ditekuk dan yang lainnya ke belakang dan menargetkan kaki dan paha Anda. Faktanya, jika Anda menginginkan latihan berat yang memungkinkan Anda menurunkan berat badan lebih cepat, inilah latihan untuk Anda.

Push-up

Yang harus Anda lakukan adalah berjarak dari tanah dengan bantuan lengan. Latihan ini menargetkan tubuh bagian atas, seperti bahu, dada, trisep, dan otot dada. Jenis push-up yang paling efektif, misalnya push-up militer hingga push-up berlian dan push-up Spiderman.

 Plank

Jika mendapatkan perut rata adalah resolusi Anda, maka plank adalah pilihan yang tepat. Sangat mirip dengan push-up, plank sangat efektif dan membantu memperkuat otot serta mengembangkan postur tubuh yang baik. Latihan ini menargetkan tulang belakang, otot perut, dan inti Anda.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement