Selasa 05 Jan 2021 19:17 WIB

Cara Membuat Pupuk Organik dari Sisa Bahan Makanan di Dapur

Sayuran dan kulit buah yang sudah terlalu matang atau tidak segar bisa jadi pupuk

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda
Sampah sisa makanan.
Foto:

4. Buat Kompos

Tambahkan bahan sisa makanan yang sudah disiapkan ke sampah taman yang sudah ada di tempat kompos. Tempat kompos harus memiliki pegangan yang dapat Anda gunakan untuk memutarnya saat Anda memutar kompos untuk pencampuran menyeluruh dan untuk memasukkan oksigen ke dalam campuran.  

Selain itu, pastikan tempat sampah memiliki beberapa lubang di sampingnya agar kelembapan berlebih keluar saat Anda memutar kompos. Pakar perawatan rumput merekomendasikan untuk memutar tempat sampah dua hingga tiga kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Terapkan Pupuk

Tunggu sampai kompos Anda menghasilkan campuran seperti tanah yang berwarna gelap. Setelah kompos mencapai tampilan ini, kompos siap untuk disebarkan. Gunakan garpu taman untuk menyebarkan kompos di lahan kebun yang ingin Anda pupuk. Terapkan jumlah kompos yang tepat dan tunggu sampai pupuk meresap dan lihat beberapa efek pada area yang diterapkan sebelum Anda menambahkan lebih banyak.

Membuat kompos dari limbah dapur Anda menawarkan beberapa manfaat yang meliputi membuang sampah yang tidak diinginkan dan memiliki beberapa pupuk yang dapat Anda gunakan di taman Anda.  Sebelum membuang bahan sisa makanan, tentukan dulu apakah bahan makanan tersebut akan bekerja dengan baik sebagai bahan kompos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement