Ahad 03 Jan 2021 15:05 WIB

Begini Cara Periksa Tempat Apakah Miliki Kamera Tersembunyi

Kamera tersembunyi sering dipakai untuk memata-matai seseorang.

Ilustrasi Kamera CCTV
Foto: Pixabay
Ilustrasi Kamera CCTV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di internet ada sejumlah laporan dan cerita di mana tuan rumah pemilik tempat penginapan memata-matai tamu mereka.

Beberapa situs web rumah persewaan liburan, termasuk 'Airbnb' dan 'HomeAway', sudah dilengkapi kebijakan yang melarang penggunaan kamera keamanan dan perangkat perekam di dalam properti.

Baca Juga

Namun, bisa saja ini akan tetap membuat Anda merasa takut dan khawatir. Apalagi kamera pengintai pernah dilaporkan ditemukan di beberapa rumah sewaan, tanpa pemberitahuan atau persetujuan dari tamu.

Selain itu, kamera pengintai semakin murah, lebih kecil, lebih mudah diakses, dan semakin mudah disembunyikan.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu jika pemilik rumah mengawasi Anda?

Jangan terlalu paranoid. Pikirkan seberapa berisiko profil Anda. Selebritas atau politisi mungkin memiliki lebih banyak alasan untuk waspada terhadap kamera pengintai daripada rata-rata pelancong kebanyakan.

"Jika Anda berbicara tentang tuan rumah yang menyeramkan di 'Airbnb', keahlian serta besarnya anggaran yang mereka miliki akan sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kekhawatiran orang-orang akan penyadapan oleh Agen Keamanan Nasional," kata Lee Brotherston, penulis buku 'Defensive Security Hand Book'.

Namun, jika Anda merasa ada yang tidak beres atau ingin menyisir rumah penginapan tempat Anda berlibur, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Periksa apa yang muncul di jaringan Wi-Fi

Banyak kamera yang dijual di toko elektronik membutuhkan koneksi internet sehingga dapat dilihat dan dioperasikan dari jarak jauh melalui komputer atau aplikasi.

Ini bisa menjadi salah satu petunjuk. Sebuah keluarga Selandia Baru dilaporkan menemukan kamera tersembunyi di alarm asap 'Airbnb' ketika salah satu dari mereka bergabung dengan jaringan Wi-Fi rumah yang mereka sewa itu.

Di dalam daftar jaringan wifi, ada koneksi "Kamera IP" yang terdaftar dan memberikan petunjuk keberadaan kamera di sana.

Jadi, saat Anda sedang berusaha terkoneksi dengan Wi-Fi di rumah yang Anda sewa, ada baiknya melihat perangkat apa saja yang terhubung di jaringan yang sama.

Jika Anda familiar dan terbiasa menggunakan komputer, Anda bisa mencoba menggunakan pemindai jaringan dengan akses gratis seperti 'Nmap' untuk melihat semua perangkat yang terhubung.

Jika tidak, ada aplikasi seperti 'Fing', yang menyediakan daftar semua perangkat yang terhubung di koneksi Wi-Fi yang sama.

Anda bisa melihat apa saja yang terdaftar di sana dan cermati perangkat apapun yang tidak Anda kenali.

Lee Brotherston juga merekomendasikan untuk menggunakan ponsel Anda seolah-olah akan menyambungkannya dengan menggunakan Bluetooth.

Jika benar-benar khawatir, Anda juga dapat sama sekali mematikan internet.

 

sumber : ABC.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement