Selasa 22 Dec 2020 19:03 WIB

Cara Mengendalikan Emosi Agar tidak Mudah Marah

Para ahli kesehatan mengatakan sikap marah adalah sikap yang normal.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Amarah
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Amarah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli kesehatan mengatakan sikap marah adalah sikap yang normal. Namun, sikap tersebut tidak boleh dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang. Sebab, akan menimbulkan stres kronis, kecemasan dan depresi pada seseorang.

Dilansir laman Woman and Home, adapun cara untuk mengendalikan emosi agar tidak mudah marah yaitu :

Baca Juga

1. Cobalah untuk menenangkan diri

Harus mencoba memenangkan diri dahulu ketika sedang marah. Penting untuk mengenali saat kita merasa marah dan menunjukkan kebaikan pada diri kita sendiri, tanpa menjadi kritis terhadap diri sendiri karena merasa marah. Mungkin membantu untuk berbicara dengan seseorang untuk mengetahui apa yang terjadi di bawah amarah.

2. Melakukan kegiatan yang bermanfaat

Latihan pernapasan seperti yoga dan olah raga secara umum semuanya adalah penenang diri yang baik yang dapat membantu membawa kita kembali ke keadaan tenang. Dengan menenangkan diri, kemarahan secara alami akan menghilang.

3. Membangun kasih sayang untuk orang lain

Kasih sayang untuk diri sendiri dan orang lain adalah kuncinya. Sehingga Anda dapat merasakan bagaimana jika orang tersebut marah dengan Anda. Anda pun berpikir tidak baik untuk marah berkepanjangan terhadap orang lain.

4. Konsultasikan diri anda ke dokter

Ada sumber daya daring yang dapat membantu Anda mengatasi amarah jika menurut Anda sulit untuk menangani diri sendiri.  Seringkali, mencari bantuan dari seorang profesional adalah cara terbaik untuk membuat Anda merasa lebih baik, jadi sangat penting untuk menghubungi jika Anda membutuhkannya. Bisa dengan konsultasi ke dokter terdekat.

Diketahui, sebuah komisi survei baru oleh Healthspan dari 2.000 penduduk Inggris menemukan bahwa 70 persen responden berolahraga atau berjalan-jalan untuk meredakan beberapa emosi sulit yang dipicu peristiwa baru-baru ini.  72 persen menonton film, 63 persen mendengarkan musik dan 60 persen membaca. Masing-masing aktivitas ini membantu orang untuk mengatasi dan mendukung kesehatan mental mereka dalam menghadapi dunia yang tidak terkendali.

Jadi, apa pun yang membuat Anda merasa tenang dan positif, ingatlah untuk fokus pada hal ini sebanyak mungkin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement