Selasa 22 Dec 2020 07:42 WIB

10 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak

Ada makanan tertentu yang secara ilmiah terkait dengan kesehatan otak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada makanan tertentu yang secara ilmiah terkait dengan kesehatan otak (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Ada makanan tertentu yang secara ilmiah terkait dengan kesehatan otak (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat sedang lelah, sebagian orang enggan berpikir keras. Namun sebenarnya, daya ingat otak bisa dibantu dengan beberapa asupan tertentu. Dilansir di laman Eat This, Selasa (22/12), ada makanan tertentu yang secara ilmiah terkait dengan kesehatan otak.

"Makanan yang meningkatkan fungsi kognitif termasuk asam lemak omega-3 dam trigliserida rsering ditemukan dalam minyak kelapa dan minyak sawit," kata Shena Jaramillo, MS, RD, ahli diet terdaftar dan pendiri Peace & Nutrition.

Baca Juga

Nutrisi lain, seperti antioksidan dan mineral tertentu juga dikaitkan dengan kesehatan otak. Dari mana asupan nutrisi ini bisa didapatkan?

Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesehatan otak hingga mempertajam daya ingat.

Ikan Salmon

Ikan berlemak adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus. Nicole M Avena, PhD, peneliti neuroscientist di Mount Sinai School of Medicine mengatakan, makan ikan setidaknya dua kali sepekan adalah pilihan terbaik. Salmon bisa menjadi pilihan yang bagus karena kaya akan omega-3. Atau, bisa konsumsi ikan cod atau tuna kalengan.

Buah beri

Buah beri dapat meningkatkan fungsi kognitif dan secara signifikan memperlambat penuaan otak. Buah ini adalah pelindung saraf karena mengandung antioksidan yang membersihkan radikal bebas. Blueberry, khususnya, telah terbukti meningkatkan daya ingat.

photo
Blueberry - (Needpix)

Makanan Fermentasi

Otak dan usus sangat terhubung erat. Serotonin, hormon 'kebahagiaan', sebenarnya diproduksi oleh bakteri di usus. Jika mikrobioma usus menjadi tidak seimbang karena pola makan yang buruk, itu berdampak langsung pada neurotransmitter yang diproduksi oleh otak dan dapat menyebabkan Alzheimer, demensia, hingg kondisi kognitif lainnya.

Kopi

Sebagian besar orang bergantung pada kafein untuk bangun di pagi hari. Namun, penelitian menemukan bahwa selain untuk meningkatkan konsentrasi sementara, kafein juga dapat membantu otak memperkuat ingatan baru. Kafein bertindak sebagai psikostimulan, yang berarti mempercepat pemrosesan informasi.

Teh Hijau

Katekin dalam teh hijau dianggap menjadi alasan mengapa minuman tradisional ini mendukung daya ingat. Konsumsi teh hijau dalam jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan daya ingat, fungsi eksekutif, dan kecepatan pemrosesan.

Kacang dan Biji-bijian

Magnesium adalah mineral yang ditemukan secara alami di bumi dan juga tubuh manusia. Hal itu krusial untuk kehidupan karena terkandung di setiap sel tubuh dan penting untuk menjalankan banyak fungsi tubuh.

Mineral ini juga penting untuk kesehatan otak. Beberapa makanan yang kaya magnesium termasuk tahu, kacang-kacangan, alpukat, polong-polongan, dan cokelat hitam. Tetapi salah satu sumber terbaiknya adalah biji labu, yang merupakan penguat otak.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi. Studi menunjukkan cokelat hitam dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, meningkatkan aliran darah ke otak, dan melindungi sel-sel otak.

Air mineral

Otak terdiri dari 75 persen cairan. Itulah mengapa tidak mengherankan bahwa dehidrasi terbukti mengganggu memori jangka pendek, perhatian, dan pengambilan keputusan dalam studi penelitian. Pastikan tubuh tetap terhidrask dengan baik dengan air putih sebagai sumber yang bagus atau bisa menambahkan dengan irisan buah juga.

Minyak kelapa

Jenis lemak yang ditemukan secara alami di dalam kelapa dan digunakan dalam produk makanan seperti IQBAR untuk memberikan manfaat kesehatan yang terkait dengan otak. Studi menunjukkan lemak MCT mungkin dapat meningkatkan memori jangka pendek.

Telur

Telur kaya akan kolin, nutrisi yang penting dalam membantu transmisi sel saraf. Selain itu, kolin dianggap membantu dalam memori dan membantu menjaga integritas struktural sel otak. Penelitian juga menunjukkan kolin dapat membantu meningkatkan perhatian dan fokus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement