Rabu 16 Dec 2020 15:35 WIB

Benarkah Kopi Hitam Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Kopi yang diseduh dari biji tanpa kafein, jumlah kalorinya turun menjadi nol.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Sebuah studi memberikan simpulan, menyantap kopi kental bisa membantu tubuh melawan dampak buruk dari pola makan yang tidak sehat (Ilustrasi Kopi Hitam)
Foto: Pexels
Sebuah studi memberikan simpulan, menyantap kopi kental bisa membantu tubuh melawan dampak buruk dari pola makan yang tidak sehat (Ilustrasi Kopi Hitam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secangkir kopi setiap hari dapat membantu Anda tetap terjaga dan aktif sepanjang hari. Kopi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Kopi hitam kaya nutrisi dan sarat dengan antioksidan. Kopi hitam bahkan memiliki senyawa kimia kuat yang membantu mencegah berbagai penyakit. Minum kopi setiap hari dipercaya dapat mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

Apakah kopi hitam juga membantu menurunkan berat badan? Jawabannya, ya.

Minum kopi hitam dapat mempercepat proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme Anda. Sesuai dengan informasi Departemen Pertanian Amerika Serikat, secangkir kopi hitam yang diseduh dari kacang tanah hanya memiliki dua kalori.

Jika kopi yang diseduh berasal dari biji tanpa kafein, jumlah kalorinya turun menjadi nol. Menambahkan gula dan rasa lain ke dalam kopi seperti gula merah, gula, kedelai, susu, sirup cokelat, atau vanila tidak disarankan jika Anda sedang dalam perjalanan menurunkan berat badan.

Berikut ini empat cara kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan seperti dilansir di laman Times of India, Rabu (16/12):

1. Menekan rasa lapar

Kafein membantu menekan rasa lapar dan membuat Anda tetap energik sepanjang hari. Ini membantu dalam melawan hormon kelaparan yang dikenal sebagai peptida YY, yang membantu menjaga rasa lapar Anda.

2. Asam klorogenat

Asam klorogenat dalam kopi membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Ini memperlambat produksi glukosa dalam tubuh dan penuh dengan antioksidan.

3. Kafein

Kafein dalam kopi meningkatkan aktivitas metabolisme dan meningkatkan tingkat energi yang membantu membakar lebih banyak kalori. Kafein juga membantu mengawasi kadar kolesterol Anda, yang membuatnya baik untuk jantung Anda.

4. Menurunkan kadar air dalam tubuh

Kelebihan air dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan. Minum kopi hitam membantu menurunkan kadar air ekstra di tubuh saat Anda lebih sering buang air kecil. Sering buang air kecil membantu menurunkan berat badan dengan membuat Anda menurunkan berat badan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement