Kamis 10 Dec 2020 07:21 WIB

Siapa yang Boleh Bertamu Saat Pandemi? Ini Kata Dr Fauci

Selama pandemi, pemilik rumah harua selektif dalam menerima tamu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi
Foto: Pexels
Foto: ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhir tahun kerap dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul dan menyambangi rumah kerabat. Namun di masa pandemi, pemilik rumah perlu lebih selektif dalam menyaring siapa yang boleh dan tidak boleh masuk ke dalam rumah.

"Jaga agar perkumpulan hanya dilakukan orang-orang yang tinggal satu rumah," ujar ahli penyakit menular terkemuka Dr Anthony Fauci, seperti dilansir EatThis, Kamis (10/12).

Baca Juga

Orang-orang yang tinggal satu rumah bisa berupa anggota keluarga hingga teman satu kamar kost. Untuk keluarga hingga teman yang tidak serumah, Fauci lebih menyarankan agar pertemuan dilakukan secara virtual.

"Pertemuan secara langsung dengan keluarga atau teman yang tinggal di rumah berbeda, termasuk anggota keluarga yang kuliah dan baru kembali ke rumah, memiliki risiko tingkat (penularan) yang beragam," jelas Dr Fauci.

Selain itu, Dr Fauci juga menyarankan penghuni rumah untuk tidak menerima kunjungan dari siapa pun yang baru berpergian dari luar kota atau negeri. Menerima tamu yang baru saja berpergian memiliki risiko penularan Covid-19 yang jauh lebih besar.

"Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak menerima (tamu) berupa orang-orang yang baru saja turun dari pesawat atau kereta," tutur Dr Fauci.

Menerima kunjungan dari orang yang baru berpergian dan sudah menjalani tes Covid-19 mungkin akan lebih baik. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada risiko. Tak ada yang tahu dia sudah terpapar apa saja selama perjalanan dari bandara atau terminal ke rumah.

Dr Fauci mengatakan perkumpulan atau pertemuan sebaiknya tidak dihadiri lebih dari 10 orang. Jumlah 10 orang pun dianggap sudah cukup berisiko.

Berkaca pada kejadian yang sudah ada, perkumpulan teman atau keluarga di dalam rumah dalam jumlah yang terlalu banyak pun tetap berisiko. Terlebih bila ruangan tempat berkumpul tidak memiliki ventilasi udara yang baik.

"Kita mulai melihat infeksi-infeksi yang muncul dari situasi yang tampak tak berbahaya, seperti perkumpulan dengan 10 orang atau lebih," pungkas Dr Fauci.

Dr Fauci sendiri tidak akan merayakan libur Natal dan ulang tahunnya yang ke-80 tahun bersama ketiga anaknya secara langsung. Pria kelahiran 24 Desember 1940 ini akan merayakan dua momen berbahagia tersebut secara virtual bersama keluarga.

"Kami akan menyelenggarakan perayaan Zoom dengan istri saya dan saya di rumah kami, dan anak-anak saya di lokasi mereka masing-masing yang terpencar di berbagai wilayah," ujar Dr Fauci.

Mengingat kasus Covid-19 tampak kembali mengalami peningkatan, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak fisik, hindari kerumunan, tidak berkumpul di dalam ruangan bersama orang yang tidak satu rumah, juga jaga kebersihan tangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement