Jumat 20 Nov 2020 16:09 WIB

7 Manfaat Kesehatan Kacang Kenari

Selain gurih, kenari termyata memberikan nutrisi penting dan memiliki manfaat sehat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Selain gurih, kenari termyata memberikan nutrisi penting dan memiliki manfaat sehat (Foto: kacang kenari)
Foto: Blogspot.com
Selain gurih, kenari termyata memberikan nutrisi penting dan memiliki manfaat sehat (Foto: kacang kenari)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang kenari memang cocok untuk ngemil. Selain gurih, kenari termyata memberikan nutrisi penting dan menawarkan manfaat kesehatan.

Dilansir dari Health pada Jumat (20/11), berikut adalah beberapa manfaat utama kacang kenari yang menyehatkan, berdasarkan paparan Ahli Gizi dari New York Times, Cynthia Sass.

Baca Juga

Kaya nutrisi

Kacang kenari mengandung magnesium, zat besi, kalsium, dan vitamin B. Kenari juga kaya antioksidan yang diketahui memiliki efek anti-inflamasi, membantu melindungi dari inisiasi, dan perkembangan kanker, penyakit jantung, dan penyakit neurodegeneratif.

Lemak sehat

Kacang kenari mengandung asam alfa linolenat (ALA) dibandingkan jenis kacang lainnya. Sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, menyebutkan, kenari tinggi asam lemak omega-3. Mengonsumsi kenari setiap hari juga bisa menurunkan berat badan dan lemak tubuh.

Jaga kesehatan usus dan jantung

Senyawa bioaktif dalam kenari memainkan peran penting dalam kesehatan usus. Kenari bisa meningkatkan bakteri usus yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk penurunan tekanan darah dan kolesterol total.

Turunkan tekanan darah

Dalam sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association, para peneliti menemukan bahwa kenari bisa menurunkan tekanan darah diastolik sentral atau tekanan yang bergerak menuju jantung.

Kesehatan otak

Menurut sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan kenari dapat membantu memperlambat penurunan kognitif pada lansia. Kenari tidak berpengaruh pada fungsi kognitif subjek yang sehat.

Pengaturan berat badan

Kenari bisa menurunkan rasa lapar dan mengatur nafsu makan. Kenari memberikan rasa kenyang cukup lama.

Meningkatkan kesuburan pria

Dalam jurnal Nutrients pada 2019, peneliti menemukan bahwa selama 14 pekan, pria yang makan sekitar dua porsi campuran kacang setiap hari mengalami peningkatan terhadap kesuburan. Campuran itu terdiri dari 50 persen kenari, 25 persen almond, dan 25 persen hazelnut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement