Sabtu 03 Oct 2020 14:25 WIB

Pakar Ingatkan Pentingnya Olahraga di Tengah Pandemi

Waktu yang digunakan untuk olahraga minimal durasi selama 30 menit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda
 Ilustrasi Olahraga
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) sekaligus Pengajar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ Arie Sutopo mengatakan saat kondisi pandemi Covid-19 ini masyarakat harus berolahraga. Banyak berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya bisa melakukan olahraga di dalam rumah dan di luar rumah.

"Olahraga ini penting ya buat tubuh. Kalau di dalam punya fasilitas bisa olahraga dengan menggunakan treadmill dan kolam renang. Tapi kalau di luar bisa jogging, bersepeda, lari yang paling penting semua bergerak. Nah, kalau di luar rumah harus pakai masker. Setiap waktu cuci tangan dan jangan lupa menjaga jarak," katanya dalam diskusi yang bertajuk "Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi" secara virtual, Sabtu (3/10).

Kemudian, ia melanjutkan waktu yang digunakan untuk olahraga minimal durasi selama 30 menit. Ia ingatkan jangan melakukan olahraga yang berkerumun atau berkelompok seperti voli dan basket. Bersepeda pun harus jaga jarak 10 meter dengan orang yang sedang bersepeda lainnya.

Ia menambahkan tidak semua masyarakat suka olahraga. Hal itu harus disiasati dengan mengacu pada kegemaran masing-masing individu terutama bagi anak-anak yang cenderung banyak bermain.

"Misalnya, anak-anak suka main sepeda atau main layangan ya tidak apa-apa. Mereka bergerak dan jangan lupa pakai masker. Yang penting anak-anak itu harus suka dulu," kata dia.

Lalu, selain olahraga, kata dia, masyarakat juga harus menjaga pola makan, konsumsi vitamin C,E dan B1 dan istirahat yang cukup agar tubuhnya pun sehat dan segar.

"Jangan begadang ya, tidur itu antara 6 sampai 8 jam sehari. Terus dilengkapi juga dengan vitamin seperti vitamin C, E, dan B1 untuk melawan virus Covid-19. Paling penting lagi jangan stres ya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement