Rabu 30 Sep 2020 22:22 WIB

Metallica Kumpulkan Donasi untuk Petugas Pemadam Kebakaran

Metallica ajak penggemar untuk ikut berdonasi dalam bencana kebakaran hutan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Band Metallica akan menyumbangkan donasi sebesar Rp 3,7 miliar kepada lima organisasi garda terdepan yang menangani bencana kebakaran hutan di AS.
Foto: EPA
Band Metallica akan menyumbangkan donasi sebesar Rp 3,7 miliar kepada lima organisasi garda terdepan yang menangani bencana kebakaran hutan di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band heavy metal Metallica berjanji akan mendonasikan 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,7 miliar. Donasi tersebut akan diberikan kepada petugas pemadam kebakaran yang saat ini sedang berjuang mengatasi kebakaran hutan besar di sejumlah titik.

Uang yang terkumpul akan disalurkan melalui yayasan non profit milik Metallica, All Within My Hands. Donasi tersebut diharapkan dapat membantu upaya para petugas pemadam kebakaran untuk mengatasi kebakaran hutan di Kalifornia, Washington, dan Oregon.

Baca Juga

Metallica mengatakan, kebakaran hutan merupakan bencana tak diinginkan yang melanda Kalifornia setiap tahun. Akan tetapi, tahun ini kebakaran hutan secara tragis telah merambah area-area lain.

"Kita telah melihat kebakaran tersebut secara tragis meluas ke seluruh pesisir barat di negara kita," ungkap Metallica dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Ace Showbiz.

Metallica mengatakan, ini merupakan tahun keempat All Within My Hands secara berturut-turut berpartisipasi dalam meringankan upaya pemadaman kebakaran hutan. Dalam pernyataan tersebut, Metallica akan menyumbangkan donasi sebesar Rp 3,7 miliar kepada lima organisasi.

Kelima organisasi yang dipilih adalah organisasi garda terdepan yang menangani bencana kebakaran hutan di Amerika Serikat. Organisasi tersebtu adalah Wildfire Relief Fund milik California Community Foundation, Wildfire Relief and Recovery Fund milik Oregon Community Foundation, Fire Response Fund milik Community Foundation Santa Cruz County, North Valley Community Foundation Wildfire Relief and Recovery Fund, serta Community Foundation of North Central Washington NCW Fire Relief Fund.

Dalam pengumpulan donasi, Metallica mengajak para penggemar dan orang-orang yang peduli untuk ikut mendukung dan berdonasi. Donasi bisa dilakukan dengan menyumbangkan uang, makanan yang tidak cepat basi, pakaian, hingga kebutuhan lain.

"Atau dengan memberikan waktu Anda untuk menjadi relawan atau menyediakan rumah aman sementara. Setiap hal kecil akan membantu," kata Metallica.

Sebelumnya, Metallica telah berdonasi sebesar 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar pada 2018 dan 2019 untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan di Kalifornia. Metallica juga menggelar konser penggalangan dana untuk membantu kebakaran hutan di San Fransisco pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement