Ahad 30 Aug 2020 19:19 WIB

Bulu Kucing Ini Jadi Kuning Usai Diberi Kunyit oleh Majikan

Foto-foto kucing milik Thammapa Supamas menjadi viral di media sosial.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kucing milik Thammapa Supamas yang bulunya berubah menjadi kuning usai diberi kunyit.
Foto: Facebook Thammapa Supamas.
Kucing milik Thammapa Supamas yang bulunya berubah menjadi kuning usai diberi kunyit.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Foto kucing yang seluruh bulunya menjadi kuning akibat kunyit menjadi viral di media sosial (medsos) Facebook. Bulunya berubah demikian karena sang majikan secara 'tidak sengaja' mewarnai kucingnya.

Pemilik kucing tersebut adalah Thammapa Supamas, seorang perempuan asal Thailand. Dia bercerita di Facebook bahwa awalnya dia berusaha mengobati infeksi jamur di kaki si kucing, yang bulu aslinya berwarna putih bersih.

Supamas mengoleskan kunyit di area yang terinfeksi. Tak lama kemudian, pengobatan itu menjadi keterusan, membuat Supamas mewarnai seluruh bulu kucingnya menjadi kuning, yang justru terlihat semakin imut.

Foto kucing berbulu kuning itu menjadi sangat populer, sampai-sampai Supamas membuat halaman Facebook khusus yang menjaring ribuan pengikut. "Terima kasih atas kebaikan dan perhatian Anda," tulisnya dalam bahasa Thailand.

Dia memberitahukan kondisi kesehatan terkini kucingnya. Infeksi pada kaki kucingnya menghilang setelah perawatan kunyit, tetapi warna kuningnya memudar cukup lama. Pakar belum memiliki banyak informasi mengenai hal itu.

Meski kunyit dikenal dengan sifat antiinflamasi, bukan ide bagus untuk menjajalnya pada hewan peliharaan. Kepala petugas veteriner dari Purina, Kurt Venator, mengatakan efek kunyit pada hewan peliharaan belum banyak dipelajari.

"Saya lebih merekomendasikan berkonsultasi dengan dokter hewan tentang perawatan yang aman dan efektif untuk hewan peliharaan sebelum menggunakan kunyit sebagai obat," katanya, dikutip dari laman Fox News, Ahad (30/8).

Sementara, Supamas tampaknya memanfaatkan ketenaran daring secara maksimal. Awal pekan ini, dia menyunting beberapa foto kucingnya supaya terlihat seperti Pikachu dari film Pokemon: Detective Pikachu.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement