Rabu 26 Aug 2020 15:06 WIB

Air Lemon Bisa Bantu Penuhi Hidrasi Harian

Minuman yang berperasa, seperti air lemon, membantu orang minum lebih banyak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Air minum dengan tambahan rasa lemon.
Foto: Pexels
Air minum dengan tambahan rasa lemon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang membuat air lemon lebih unggul dibandingkan air biasa? Pakar nutrisi yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Keri Glassman, mengungkap, sejumlah kelebihan minum air lemon dibandingkan air putih saja.

Glassman menyoroti popularitas air lemon, yang banyak diklaim selebritas seperti ramuan eliksir yang magis. Pendiri Nutritious Life itu mengatakan, banyak orang tidak menduga sama sekali manfaat baik dari meminum air lemon.

Baca Juga

Sebagai pakar nutrisi, hal utama yang ditekankan Glassman adalah minum air dalam jumlah yang cukup demi kesehatan. Dengan pemahaman itu, Glassman sepakat air lemon baik untuk tubuh dan punya sejumlah manfaat.

Minuman apapun yang memiliki rasa, termasuk air lemon, membantu seseorang minum dalam jumlah lebih banyak. Rasa tambahan memberikan daya tarik dibandingkan air putih. Dengan minum cukup air, tubuh akan tetap terhidrasi.

Hidrasi memiliki banyak manfaat, termasuk mempertahankan energi, menyehatkan kulit, dan mengendalikan berat badan. Sekitar 60 persen tubuh adalah air sehingga hidrasi menjadi kunci untuk tubuh yang sehat.

Sementara, buah lemon memiliki manfaat tersendiri. Lemon berperan sebagai antioksidan, membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kulit lemon mengandung flavonoid, berperan dalam pengobatan resistensi insulin.

Manfaat lain, lemon dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Lemon juga kaya vitamin C dan sejumlah studi menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran kaya vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan strok.

Konsentrasi vitamin C yang tinggi juga membantu tubuh menyerap zat besi non-heme yang terdapat pada tanaman. Bagi yang menghindari daging, konsumsi cukup vitamin C amat penting untuk menjaga kadar zat besi dan mencegah anemia.

Polifenol dalam lemon dapat membantu menurunkan berat badan, karena menekan akumulasi lemak tubuh melalui peningkatan metabolisme lemak. Kandungan ini sekaligus meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi peradangan.

Glassman menyarankan minum air sekitar 1,8 liter sehari. Beberapa orang mungkin membutuhkan jumlah yang lebih atau kurang, tergantung pada gaya hidup dan lingkungan. Perlu diingat pula untuk tidak berlebihan meminumnya.

"Lebih banyak tidak selalu lebih baik. Terlalu banyak minum air lemon dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi dan meningkatkan gejala asam lambung," kata Glassman, dikutip dari laman Today.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement