Rabu 19 Aug 2020 14:18 WIB

Tip agar Pernikahan Tetap Berkesan saat Pandemi

Pernikahan tetap berkesan meski hanya mengundang keluarga dan orang terdekat.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pernikahan rasanya kurang meriah jika tidak mengundang banyak kerabat. Namun, hal itu tidak dapat dilakukan di masa pandemi. Pengantin harus mengurangi tamu undangan demi menghindarkan penyebaran virus corona yang semakin luas. Beberapa pasangan malah lebih memilih untuk melakukan pernikahan virtual saja.

Sebagai acara yang diharapkan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup, setiap pasangan pasti ingin membuatnya berkesan. Lalu bagaimana agar pernikahan tetap berkesan meski hanya bisa mengundang keluarga dan orang-orang terdekat saja? Berikut beberapa tipnya menurut Insider.

1. Beri tahu rencana acara pernikahan sejak awal pada para tamu. Tidak masalah apakah Anda akan mengadakan pesta pernikahan langsung atau virtual, lebih baik beri tahu tamu secepatnya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan undangan yang menarik.

2. Bila Anda sudah mengirim undangan sejak jauh-jauh hari dan akhirnya harus memotong jumlah tamu, jangan lupa kabari tamu yang tidak jadi diundang. Katakan padanya hal itu dilakukan demi kesehatan tamu tersebut.

3. Jika mengadakan pernikahan virtual, libatkan tamu dalam acara. Bentuk keterlibatan tersebut dengan berupa membuat dress-code atau kostum yang harus dikenakan tamu saat menghadiri acara. Anda juga bisa mengirimkan benda fisik seperti suvenir agar tamu merasa benar-benar datang ke pernikahan. Cara lain, Anda bisa memberikan tamu sesuatu untuk dilakukan selama acara. 

4. Ingatlah bahwa perayaan yang lebih sederhana akan membawa manfaat. Manfaat itu tidak hanya terasa dalam bidang finansial, tapi juga pernikahan akan terasa lebih intim dengan sedikitnya tamu yang diundang.

5. Pasangan bisa menambahkan elemen-elemen acara yang semula tak ada untuk memanfaatkan dana yang dihemat karena berkurangnya tamu undangan. Misalnya menghadirkan hiburan yang unik untuk tamu, atau bahkan melibatkan tamu dalam acara.

6. Kreativitas pasangan akan menjadi penentu berkesan atau tidaknya pernikahan yang dilakukan di tengah kondisi pandemi. Maka, bagi Anda yang akan mengadakan pesta pernikahan dalam waktu dekat, jangan takut untuk mengeluarkan ide kreatif untuk pesta. (Putri Shaina)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement