Sabtu 18 Jul 2020 01:58 WIB

6 Makanan yang Dianjurkan bagi Para Pria

Kebutuhan kalori dan nutrisi pria sedikit berbeda dengan perempuan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kebutuhan kalori dan nutrisi pria sedikit berbeda dengan perempuan (Foto: ilustrasi pria masak makanan)
Foto: Pexels
Kebutuhan kalori dan nutrisi pria sedikit berbeda dengan perempuan (Foto: ilustrasi pria masak makanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baik pria maupun wanita sama-sama perlu mengonsumsi makanan yang sehat. Namun begitu, kebutuhan kalori dan nutrisi pria sedikit berbeda dengan wanita.

Lalu makanan apa saja yang akan memberi manfaat kesehatan luar biasa bagi pria? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari laman Mens Health, Jumat (17/7).

Baca Juga

 

Kacang hitam

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein nabati dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang hitam juga kaya akan pati resisten. Konsumsi 9 gram kacang hitam dapat menyeimbangkan efek dari diet steak-berat.

 

Ikan kembung

Sebuah penelitian terbaru di Denmark mengaitkan minyak ikan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi pada pria muda. Ikan seperti mackerel atau salmon juga merupakan sumber utama vitamin D yang telah dikaitkan dengan produksi testosteron dan pemeliharaan massa otot.

Brown pasta

Rata-rata, pria Inggris makan sekitar 21 gram serat sehari, kurang dari 30 gram yang dibutuhkan untuk kesehatan optimal. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kolesterol normal. Sebagian dari pasta gandum mengandung sekitar 6,5 gram, jadi cobalah konsumsi brown pasta yang gula-gulanya lebih lambat diserap.

Beri

Peneliti dari York dan Leeds menemukan bahwa pria yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran setiap hari telah meningkatkan kesehatan mental. Dan buah beri lebih rendah karbohidrat dan gula daripada jenis buah yang lain.

Kacang kenari

Dalam satu studi, pria sehat yang makan 75 gram kacang kenari sehari selama 12 minggu melihat peningkatan vitalitas dan motilitas sperma mereka. Ini terjadi tanpa perubahan penting dalam berat badan. Selain lemak sehat, kacang kenari juga kaya akan mineral penting yang membantu menjaga fungsi otot yang sehat.

Kentang

Hampir sepertiga pria Inggris memiliki tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan hanya seperempat wanita. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kalium mineral adalah salah satu cara terbaik untuk melawannya. Ubi jalar mengemas sekitar 20 persen dari angka kecukupan gizi Anda, tetapi kentang putih bisa sampai 26 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement