Kamis 16 Jul 2020 21:52 WIB

#MusikalDiRumahAja Kemas Cerita Rakyat Jadi Modern

#MusikalDiRumahAja dapat disaksikan melalui akun Youtube IndonesiaKaya mulai 23 Juli.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Indonesiakaya.com bersama Boow Live akan mempersembahkan #MusikalDiRumahAja dengan menampilkan cerita rakyat Indonesia format online.
Foto: Indonesia Kaya
Indonesiakaya.com bersama Boow Live akan mempersembahkan #MusikalDiRumahAja dengan menampilkan cerita rakyat Indonesia format online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mewadahi kreativitas seniman kala pandemi Covid-19, Indonesiakaya.com bersama Boow Live akan mempersembahkan #MusikalDiRumahAja dengan menampilkan cerita rakyat Indonesia format online.

Setidaknya, ada enam cerita rakyat yang akan dipentaskan. Program Director Indonesiakaya.com Renitasari Adrian mengatakan, pandemi Covid-19 ini telah mengubah ruang pentas yang identik dengan bangunan fisik kini berpindah dalam ruang virtual dan mendorong para pekerja seni untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ini agar ekosistem industri seni pertunjukan tetap bertahan. Keterbatasan pertemuan fisik tidak membuat kreativitas juga terbatas.

Baca Juga

"Hal ini dibuktikan dengan para pekerja seni yang tergabung dalam program #MusikalDiRumahAja ini yang meski melakukan seluruh proses produksi di rumah masing-masing, namun menghasilkan suatu karya musikal online yang luar biasa sebagai bukti cinta pada seni pertunjukan Indonesia,” ujar Renitasari dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/7).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

BOOW LIVE X Indonesiakaya.com mempersembahkan #musikaldirumahaja 6 cerita rakyat Indonesia, 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, 44 aktor, aktris dan penari. SEGERA! Di kanal Youtube IndonesiaKaya @boowlive @indonesia_kaya @fajarnugrs @madjidsari @mhyajo @bonapalma @meapapow @tantaginting @venythayoshiantini @chriskevin_cupak @nayaanindita @Dramarama111666 @pritagitaarianegara @ibunia @rusdyrukmarata @gunnarnimpuno @mayk_wongkar @bellapangab @gerryhabir @umarsetyadi @ichsound @decky_nelwan @ronald_soe @davitfitrik @dimitridimi @siasaras @gadihf @bhitsy @harispranowo @aldhanprasatya @dianhp_music @ivantangkulung @avachdinanti @ifa_fachir @onikrisnerwinto @gustypratama @beyondestiano @nalaamrytha @araajisiwi @alip_purno @karinasalim @zackleelife77 @tanayudjanuismadi @galabbythahira @ney_neo @palkojansow @gerardotanor @lilli_queenb @putcheese @inefebriyanti @netta_kd @oliviazallianty @gabhoy @ninoprabowo @deapanendra @desmondacc @nealavannn @danielongko @aldafiadnan @damienjonathans @zayafadhillah @mommarocktsar @chandrapitok @taufan_purbo @bimazeno @kikankikan @taliasubandrio @vidasylvia @anantazkey @mutimutian @denissutanto @taniasoeprapto @@iis88 @bayu_pontiagust

 

A post shared by Galeri Indonesia Kaya (@indonesia_kaya) on

#MusikalDiRumahAja ini mengangkat enam cerita rakyat Indonesia dan melibatkan enam sutradara teater, enam sutradara film, enam sinematografer, tujuh penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia yang akan menampilkan karya dengan tampilan yang berbeda. Kegiatan ini menjadi alternatif bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya dan mendukung para pekerja seni panggung budaya yang kehilangan mata pencahariannya di masa pandemi ini.

Bayu Pontiagust yang berperan sebagai produser eksekutif #MusikalDiRumahAja menjelaskan, enam cerita rakyat Indonesia yang dibuat dalam kemasan baru ini mengangkat cerita dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Pembuatan dari segi cerita mengikuti dari karakter dari sutradara teater dan film beserta genre musik berdasarkan interpretasi masing-masing sutradara.  Elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

"Semua cerita hampir sebagian besar persiapannya dilakukan secara online dan pengambilan gambar mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku," jelas dia.

Cerita rakyat yang ditampilkan juga mengadaptasi ciri khas dari masing-masing pihak yang turut serta sehingga menghasilkan satu cerita dengan tampilan yang berbeda adri cerita lainnya. Ada cerita yang menggunakan studio dengan blue screen dan properti pendukung, mengusung konsep format 9:16 dan penggunaan tempat duduk putih hingga set studio di dalam sanggar dengan properti hutan, daun, dan lampu untuk memberikan efek hutan sesungguhnya.

#MusikalDiRumahAja ini dapat disaksikan secara virtual melalui akun Youtube IndonesiaKaya mulai 23 Juli 2020. Setiap cerita rakyat dimuat dalam satu episode yang akan diluncurkan setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB dan dapat disaksikan secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan.

Keenam judul cerita rakyat yang akan dibawakan antara lain Malin Kundang, Timun Mas, Rara J, Sangkuriang, Bawang Merah Bawang Putih, dan Lutung Kasarung.

Kegiatan #MusikalDiRumahAja juga mengajak para penikmat seni untuk mendukung para Pekerja Seni dan penanganan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan melalui website https://kitabisa.com/campaign/boowlive.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement