Kamis 16 Jul 2020 01:53 WIB

Manfaat Sehat Mangga yang Jarang Diketahui

Mangga termasuk jenis buah yang rendah kalori dan memiliki banyak manfaat sehat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Mangga termasuk jenis buah yang rendah kalori dan memiliki banyak manfaat sehat (Foto: ilustrasi buah mangga)
Foto: Wallpaperflare
Mangga termasuk jenis buah yang rendah kalori dan memiliki banyak manfaat sehat (Foto: ilustrasi buah mangga)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mangga tidak hanya buah yang berperisa manis dan lezat, namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan kulit hingga melindungi dari penyakit kronis, seperti kanker.

Mangga yang termasuk jenis buah yang rendah kalori memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Berikut beberapa manfaat mangga seperti dilansir laman Eating Well, Kamis (16/7).

Baca Juga

Kesehatan usus

Sebuah studi tentang Nutrisi & Makanan Molekuler yang diterbitkan tahun 2018 menyebutkan konsumsi mangga sebesar 300 gram setiap hari selama empat minggu telah meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Penelitian ini memberikan hasil yang menjanjikan bagi mereka yang berjuang dengan kondisi gastrointestinal. Dan tinjauan studi yang dipublikasikan dalam Nutrients merangkum potensi manfaat kesehatan mangga, seperti kemampuan mereka untuk mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kolitis ulserativa atau kanker usus besar seiring waktu.

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sistem kekebalan tubuh Anda membutuhkan beragam nutrisi. Mangga adalah sumber vitamin C yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Penelitian lain juga telah menemukan bahwa ekstrak dari kulit mangga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat imunomodulasi tradisional.

Menjaga kulit tetap sehat

Sebuah studi 2013 di Photodermatology, Photoimmunology & Photomedicine menemukan bahwa mangga dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh UVB yang dapat menyebabkan penuaan kulit. Namun, penelitian ini dilakukan pada tikus dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi apakah hasil ini bisa diterjemahkan kepada manusia.

Setengah cangkir mangga mengandung sekitar 6 persen dari RDA untuk vitamin A. Mendapatkan berbagai makanan dengan vitamin A dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Kaya antioksidan

Mangga dikemas dengan antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel dan menjaga tubuh berfungsi dengan baik. Antioksidan spesifik yang ditemukan dalam mangga sangat kuat dalam melindungi terhadap penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan penyakit pencernaan.

Sebuah ulasan dalam Complementary & Alternative Medicine mengungkap komposisi antioksidan mangga dan menemukan manfaat perlindungan lainnya, seperti manfaat antibakteri dan antijamur. Beberapa penelitian telah mencatat efek antikanker antioksidan, terutama untuk kanker yang berasal dari saluran pencernaan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement