Kamis 11 Jun 2020 11:47 WIB

Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Kulit Sehat dan Glowing

Jika ingin mencegah pigmentasi, garis keriput, masukkan alpukat ke daftar makakanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Manfaat Alpukat
Foto: Foxnews
Manfaat Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet memainkan peran penting dalam mewujudkan kulit sehat dan glowing. Selama bertahun-tahun, kulit bisa menjadi rusak karena polusi, stres, perawatan kulit yang tidak tepat, dan banyak faktor lainnya. Semua ini dapat menyebabkan bintik-bintik hitam, jerawat, garis-garis halus, dan kulit kusam.

Memperkaya diet Anda dengan makanan sehat dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan, meremajakan sel-sel kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut. Dilansir di Times of India pada Kamis (11/6), berikut lima makanan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

1. Alpukat

Alpukat dikenal dengan banyak manfaat kesehatan. Buahnya kaya akan antioksidan dan Vitamin E. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit yang sehat. Jadi, jika Anda ingin mencegah pigmentasi, garis keriput, masukkan alpukat ke dalam daftar makanan diet Anda.

2. Brokoli

Makanan super kedua yaitu brokoli. Ini sarat dengan vitamin dan mineral sehat, yang dapat bermanfaat bagi kulit dalam banyak cara. Makanan ini mencegah kerusakan oksidatif, yang dapat memicu penuaan kulit. Brokoli juga mengandung sulforafan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu mencegah kanker kulit.

3. Tomat

Di Indonesia, tomat sangat mudah ditemukan dan harganya pun cukup terjangkau, tapi jangan sepelekan khasiatnya. Tomat mengandung vitamin C, beta karoten, lutein yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kesehatan kulit.

4. Beri

Mulai dari stroberi hingga blueberi, buah-buahan ini sarat dengan vitamin C dan antioksidan yang membantu melawan bintik-bintik hitam dan pigmentasi. Keduanya juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Delima

Delima kaya antioksidan yang dapat membantu melakukan keajaiban bagi kulit. Delima juga dikenal karena manfaat antipenuaan dan membantu meremajakan sel-sel kulit serta mengurangi peradangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement