Selasa 09 Jun 2020 00:44 WIB

Jenis dan Upacara Minum Teh di Korea Selatan

Korea Selatan tidak terkenal dengan teh, tapi sangat menghargai upacara minum teh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Korea Selatan tidak terkenal dengan teh, tapi sangat menghargai upacara minum teh (Foto: Gyulgang cha, Teh Korea)
Foto: Flickr
Korea Selatan tidak terkenal dengan teh, tapi sangat menghargai upacara minum teh (Foto: Gyulgang cha, Teh Korea)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asia selalu menjadi surga bagi pecinta teh. Meskipun Korea Selatan tidak terkenal dengan teh, namun mereka sangat menghargai upacara minum teh tradisional mereka.

Zaman dahulu di Korea, teh dianggap sebagai minuman mewah dan hanya dinikmati keluarga kerajaan saja. Teh tersebut berasal dari para biksu di Hadong yang dikonsumsi untuk mendapat ketenangan dan penyegaran pikiran.

Baca Juga

Hingga abad ke-14, teh menjadi bagian penting dari budaya Korea dengan upacara minum teh yang rumit. Tapi tradisi itu sempat ditinggalkan dan tidak lagi populer, hingga akhir abad ke-16 naik lagi.

Di masa sekarang, popularitas teh juga kalah dengan kopi. Meski demikian tak ada salahnya mengetahui bagaimana teh Korea dan upacara minum teh Korea.

Jenis teh

Ada banyak jenis teh Korea seperti teh daun, teh biji-bijian, teh bunga, teh akar dan teh buah. Masing-masing teh ini memiliki cita rasa yang unik dan ragam manfaat kesehatan mulai dari detoksifikasi hingga pendinginan tubuh.

Upacara minum teh tradisional Korea atau 'Darye'

Dalam budaya Korea, minum teh bukan hanya sekadar minum pada umumnya. Ini adalah pengalaman untuk mencerahkan pikiran dan melibatkan kelima indera seseorang. Upacara minum teh tradisional Korea atau Darye telah berumur ribuan tahun dan dilakukan guna mendapat ketenangan dan kedamaian dalam pikiran.

photo
(Foto: ilustrasi upacara minum teh di Korea Selatan) - (Wikipedia)

Melansir laman Korea Travel Post, Selasa (8/6), ada tiga jenis upacara minum teh Korea yaitu royal darye, seonbi darye, dan friends darye. Royal darye merupakan upacara minum teh untuk raja dan itu bisa bertahan hingga 8 jam. Jenis kedua, seonbi darye adalah upacara untuk pelajar yang telah selesai mendalami Konfusianisme. Sementara friends darye adalah upacara minum teh paling santai, mirip dengan teh sore di budaya Barat.

Kedai teh Korea di Seoul

Meskipun Seoul terkenal dengan kafe dan budaya kopi kontemporer dan Instagrammable, kota ini juga merupakan rumah bagi beberapa kedai teh Korea yang menawan. Kedai teh ini menghormati tradisi teh kuno negara ini.

Apakah Anda ingin mencicipi berbagai rasa minuman teh atau ingin merasakan upacara minum teh tradisional Korea? Ada beberapa kedai teh yang menawarkan pengalaman teh Korea yang sesungguhnya misalnya Kedai Teh Gunung Suyeon, Tteuran Tea House dan lainnya.

Teh Korea juga bisa dinikmati di rumah, meski memang Anda tidak akan mendapat pengalaman menarik seperti di kedai teh. Namun tidak ada salahnya mencoba mencicipi teh di rumah. Ada 2 jenis teh yang direkomendasikan, pertama teh barley panggang organic. Teh ini bebas kafein dan nol kalori, bisa dinikmati dengan air panas atau dingin. Teh ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, detoksifikasi, dan mengobati mual.

Teh kedua adalah Prince of Peace Korean Ginseng Tea. Teh ini terbuat dari akar ginseng dan dikenal untuk mengurangi stres dan kelelahan. Ini memiliki sifat anti-oksidan yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement