Ahad 07 Jun 2020 12:42 WIB

Sederet Alasan Mengapa Anda Perlu Miliki Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan dapat memberi Anda kenyamanan dan rasa lega.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
 Ilustrasi Hewan Peliharaan
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Hewan Peliharaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi petualangan sendiri. Apalagi jika Anda memiliki teman berbulu yang dapat menemanimu melalui stres dan karantina mandiri selama pandemi Covid-19.

Mungkin itulah sebabnya angka adopsi dan pengasuhan hewan peliharaan melonjak baru-baru ini. Hewan peliharaan memiliki dampak positif yang besar pada kehidupan pemiliknya. Jika masih ragu apakah harus mengadopsi hewan peliharaan atau tidak, mari intip sederet manfaat positif jika Anda melakukannya, dilansir di laman Insider, baru-baru ini:

1. Memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan mood.

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres yang Anda rasakan di tengah pandemi. Menurut penelitian, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dapat memicu peningkatan kadar oksitosin. Kadar ini juga dikenal sebagai hormon cinta. Hormon Ini bertanggung jawab atas perasaan kedekatan dan ikatan dengan hewan peliharaan. Selain itu, dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

2. Hewan peliharaan dapat meningkatkan kehidupan sosial.

Hewan peliharaan bisa membantu percakapan yang sempurna untuk panggilan Zoom Anda. Hewan peliharaan juga dapat membantumu mendapat lebih banyak teman setelah panduan jaga jarak tidak diberlakukan.

Menurut sebuah studi pada 2015 yang dilakukan di Australia dan Amerika Serikat, pemilik hewan peliharaan secara signifikan lebih mungkin untuk mengenal orang-orang di lingkungan mereka dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

3.  Jika Anda mencari cinta, hewan peliharaan dapat membantu.

Hewan peliharaan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan peluangmu menemukan cinta. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Purina, 54 persen pemilik hewan peliharaan yang disurvei mengatakan hewan peliharaan mereka membantu mereka memulai percakapan dengan seseorang yang mereka minati.

Hampir dua pertiga orang mengatakan bahwa mereka cenderung berkencan dengan seseorang yang memiliki hewan peliharaan.

4. Jika Anda sedang menjalin hubungan, hewan peliharaan bisa membuat lebih bahagia.

Menurut penelitian yang dikutip oleh Psychology Today, pasangan yang memiliki hewan peliharaan memiliki tekanan darah rendah dan rata-rata lebih bahagia. Mereka juga berinteraksi lebih banyak satu sama lain daripada pasangan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

5. Hewan peliharaan membantu bersantai setelah seharian bekerja.

Hewan peliharaan dapat memberi Anda kenyamanan dan rasa lega. Sebuah studi yang dilakukan pada 2003 menemukan tindakan mengelus hewan setelah situasi penuh tekanan bisa mengurangi perasaan cemas.

"Efek mengurangi kecemasan diterapkan pada orang-orang dengan sikap berbeda terhadap hewan," tulis studi tersebut.

6. Anda selalu ingin meringkuk bersama dengan hewan peliharaan di malam yang dingin.

Terkadang hewan peliharaan mungkin akan mengganggu tidur Anda. Namun, beberapa pemilik menikmati kenyamanan meringkuk dengan hewan peliharaan di dekatnya. Mereka dapat membuat Anda merasa damai saat tidur.

7. Burung juga bisa menjadi teman seumur hidup.

Burung adalah hewan yang suka bermain dan melakukan trik. Tidak seperti hewan lain, burung beo dan burung lain memiliki kemampuan untuk belajar dan meniru ucapan manusia. Mereka juga memiliki masa hidup yang setara dengan manusia. Beberapa kakatua dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun.

8. Memiliki hewan peliharaan dapat membantu pembelajaran anak Anda.

Menurut Blue Cross, memiliki hewan peliharaan pada usia dini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan empati anak. Hewan peliharaan adalah pendengar alami. Anak Anda mungkin merasa lebih nyaman mempraktikkan keterampilan membaca mereka di depan hewan peliharaan daripada orang lain.

9. Seekor hewan peliharaan bisa mengajari anak Anda tanggung jawab.

Menurut survei nasional oleh American Pet Product Association, 58 persen pemilik hewan peliharaan mengatakan hewan mereka membantu mengajar anak-anak mereka untuk bertanggung jawab. Sejak usia dini, seorang anak dapat membantu memberi makan, berjalan, dan memandikan hewan peliharaan keluarga.

10. Hewan peliharaan juga bisa menjadi inspirasi untuk karya kreatif yang hebat.

Hewan peliharaan dapat menginspirasi orang dengan berbagai cara. Aktor Inggris, Oliver Reed, meninjau naskah filmnya dengan kucingnya, Felix, di dekatnya. Albert Einstein juga menemukan teorinya saat sering melihat kucingnya, Tiger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement