Senin 01 Jun 2020 13:57 WIB

5 Film Terbaik dan Terburuk tentang Manusia Serigala

Film lawas Werewolf of London menjadi salah satu yang terbaik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Twilight Saga: Breaking Dawn.
Foto: Temple Hill Entertainment.
Salah satu adegan di film The Twilight Saga: Breaking Dawn.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Manusia serigala adalah makhluk yang banyak dikisahkan dalam cerita rakyat Eropa. Kisah tentang manusia yang bisa berubah menjadi serigala saat melihat bulan purnama ini begitu menarik hingga banyak sineas mengeksplorasi ceritanya.

Ada berbagai film Hollywood yang memiliki manusia serigala sebagai tokoh utamanya. Eksekusinya tentu bervariasi, berikut lima film terbaik sekaligus lima film terburuk tentang manusia serigala, seperti diulas oleh laman Screen Rant.

Lima film terbaik:

1. Werewolf of London

Tayang pada 1935, film ini bisa dibilang sinema layar lebar mainstream pertama yang menampilkan manusia serigala, lengkap dengan gigitan dan transformasi saat bulan purnama. Efek minimalis justru membuat emosi tokoh dalam film lebih tersampaikan.

2. An American Werewolf In London

Sinema rilisan 1981 ini hadir ketika kegandrungan publik terhadap manusia serigala memuncak. Ada satu adegan ikonik dalam film ketika tokoh utama bernama David bertransformasi menjadi manusia serigala. Film juga memenangkan penghargaan untuk riasan yang realistis.

3. Bad Moon

Bad Moon menceritakan keluarga yang tidak mengetahui salah seorang di antara mereka dikutuk menjadi manusia serigala. Film 1996 yang mengadaptasi buku Thor karya Wayne Smith ini menampilkan gambar dengan efek khusus mengesankan.

4. Ginger Snaps

Mengusung genre horor, film remaja rilisan 2000 ini dengan cepat menjadi populer sampai berlanjut dengan dua sekuel. Kisah tentang dua saudari Ginger dan Brigitte ini menarik karena memadukan transisi manusia serigala dengan repotnya masa pubertas.

5. Dog Soldiers

Film 2012 ini bercerita tentang seorang tentara Inggris yang bertahan sementara rekan-rekannya terbunuh saat menjalani latihan di dataran tinggi Skotlandia. Hal utama yang disoroti dari film ini adalah penggambaran manusia serigala yang benar-benar seram.

Lima film terburuk:

1. Van Helsing

Van Helsing dirilis pada 2004 dan mendapat sambutan buruk, baik karena aspek CGI maupun jalan ceritanya. Film mengambil nama karakter novel Dracula karya Bram Stoker, sekaligus menghadirkan para makhluk dari film Universal Horror Monster.

2. Werewolf

Tim arkeolog menemukan kerangka manusia serigala di gurun Arizona, yang berlanjut pada terbentuknya siklus manusia serigala baru. Banyak hal dari film Werewolf ini kurang meyakinkan, termasuk manusia serigala yang menyebabkan ledakan di jalanan.

3. Silver Bullet

Banyak orang meminta agar film adaptasi dari novel Cycle of the Werewolf karya Stephen King ini dibuat ulang. Pasalnya, Silver Bullet malah menampilkan manusia serigala menjadi mirip beruang. Seharusnya, makhluk itu pun bisa bicara seperti dalam buku.

4. The Howling III

Film pertama The Howling tayang pada 1981 dan berlanjut dengan tujuh film berikutnya. Dari semua sekuel dalam waralaba itu, The Howling III cukup aneh karena transformasi manusia serigala yang digambarkan salah dan malah terlihat seperti kanguru.

5. The Twilight Saga

Serial novel Twilight Saga karya Stephenie Meyer mungkin laris manis, tapi banyak penyuka manusia serigala yang kecewa dengan film adaptasinya. Manusia serigala malah digambarkan sebagai shape-shifters alias orang yang bisa berubah wujud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement