Senin 25 May 2020 22:12 WIB

Stres di Tempat Kerja, Ini Pemicunya

Stres di dunia kerja juga bisa dipicu oleh masalah personal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola (Ilustrasi Stres)
Foto: Pxfuel
Stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola (Ilustrasi Stres)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal yang bisa membuat stres di dunia kerja. Pemicu pertama pasti dari pekerjaannya. Kalau tidak cocok, kata Thalissa, pasti stres. Selain itu, lingkungan pekerjaan juga berpengaruh besar terhadap kemunculan stres, seperti atasan, teman, dan akses untuk mencari bantuan.

Stres di dunia kerja juga bisa dipicu oleh masalah personal, misalnya, masalah dengan teman keluarga, pacar, anak, macet, mendengar orang bicara kasar, dan lainnya. Hal itu akan memberikan tekanan-tekanan tersendiri pada karyawan.

"Walaupun ini stres pekerjaan, keadaan kita di luar kantor itu berpengaruh. Kita enggak segampang itu memisahkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Karena, pada akhirnya itu menjadi satu kesatuan. Jadi, sebenarnya stres tidak cuma itu, tapi dari diri dan dari luar," kata psikolog yang juga konsultan perkembangan manusia dan organisasi, Talissa Carmelia.

Lantaran dampak buruk stres itulah, Talissa menyarankan agar kita memiliki kesehatan mental yang baik. Jadi, lanjutnya, ketika kita punya kesehatan mental yang baik, emosi dapat terkontrol, perilaku juga baik, dan tidak mudah mengalami stres. Tak hanya itu, kita juga bisa mengatur ritme kerja dan tahu pasti prioritas yang harus dikerjakan.

"Kalau stres, kita tidak bisa berpikir segampang dan sejernih itu. Karena, kita paling tahu diri kita. Makanya, penting kenali kalau kita stres, kita kayak apa. Bisa fisik atau emosi yang lebih kelihatan, dan cari sumber stres kita apa. Ketika sudah tahu sumbernya, dicari cara mengatasinya itu bagaimana," paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement