Selasa 19 May 2020 19:40 WIB

Masih Harus di Rumah, Ayo Olahraga!

Olahraga di rumah bisa menggantikan rutinitas yang biasa dilakukan di luar.

Pilates merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan selagi di rumah.
Foto: EPA
Pilates merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan selagi di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sederet jenis olahraga bisa menjadi pilihan Anda selama pandemi Covid-19 dan puasa. Pilates, barre, HIIT, yoga, zumba, dan cardio dance bisa dicoba sekaligus menggantikan rutinitas yang biasa Anda lakukan di luar rumah.

"Pada saat berpuasa, olahraga ringan merupakan pilihan yang tepat karena tubuh hanya menggunakan cadangan glukosa dan karbohidrat," kata instruktur barre dan pilates Marcya Nasution seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Olahraga jenis ini cocok karena berfokus pada pernapasan, postur, penguatan otot, dan peregangan. Selain itu, olahraga jenis ini juga menghindari terjadinya dehidrasi berlebih.

Menurut Marcya, bentuk olahraga kardio juga memacu jantung dengan baik sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Tentunya, hal ini harus dilakukan dengan intensitas yang tidak berlebihan dan frekuensi olahraga sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

"Yang harus dipahami adalah setiap kondisi tubuh itu berbeda, maka perlu untuk love and listen to your body (mencintai dan memahami kondisi tubuh). Selama di rumah, pastikan untuk melakukan aktivitas fisik secara seimbang serta mencegah dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan ion tubuh setiap harinya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement