Jumat 15 May 2020 21:54 WIB

Para Sineas Kehilangan Sosok Henky Solaiman yang Inspiratif

Henky Solaiman begitu inspiratif dan melegenda di industri seni peran.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sosok Henky Solaiman begitu inspiratif dan melegenda di industri seni peran (Foto: Henky Solaiman (ke tiga dari kiri) bersama beberapa pemain film)
Foto: republika/prayogi
Sosok Henky Solaiman begitu inspiratif dan melegenda di industri seni peran (Foto: Henky Solaiman (ke tiga dari kiri) bersama beberapa pemain film)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para sineas Tanah Air mengutarakan kesedihan atas kepergian aktor Henky Solaiman yang telah aktif di industri film sejak era 1970-an. Sosok Henky begitu inspiratif dan melegenda di industri seni peran.

"Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om," cuit sutradara Joko Anwar lewat Twitter, Jumat (15/5)

Baca Juga

Sementara rekan main Henky di sinetron "Dunia Terbalik", Mieke Amalia, dalam Instagram Stories mengunggah video kenangan bersama Henky dalam nuansa akrab. Dalam unggahannya, ia berdoa agar sang aktor yang belakangan main dalam sinetron "Dunia Terbalik" itu diberikan tempat terbaik.

Pemain film, Poppy Sofia, juga mengungkapkan kesedihannya atas kepergian sang aktor. Meski tak pernah terlibat kerja bersama, sosok Henky sangat inspiratif bagi Poppy.

Dalam akun Instagram pribadinya @popsovia, dia mengatakan bahwa mendiang adalah aktor senior yang rendah hati. Mendiang bahkan tak pernah membedakan mana aktor senior dan junior.

"Selamat jalan om Henky, walaupun kita tidak pernah bekerja bareng, tapi om tuh baik banget, low profil enggak bedain mana senior mana junior," kata Poppy.

Ia juga memberi pujian kepada mendiang. Menurut Poppy, mendiang adalah sosok yang loyal dan totalitas dalam beradu peran.

"Apalagi aktingnya pasti terbaik. Intinya segala kebaikan dan karya om pasti akan dikenang. Reace in Peace om," kata Poppy seraya menambahkan emoji menangis.

Henky meninggal diusia 78 tahun karena kanker usus. Pria yang lahir di Kota Bandung tersebut memulai karirnya setelah belajar di Akademi Theater Nasional di Yogyakarta yang kini telah bubar.

Di sana ia berjumpa dengan teman-teman yang kelak menjadi rekan kerjanya seperti Teguh Karya, Wahab Abdi, Pietradjaja Burnama, dan lainnya. Setelah itu, dia pun mulai merambah ke dunia pertelevisian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement