Senin 11 May 2020 17:18 WIB

Anjuran Menurunkan Berat Badan di Usia 50 Tahun

Menurunkan berat badan pada usia 50 tahun memiliki beberapa keuntungan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Menurunkan berat badan pada usia 50 tahun memiliki beberapa keuntungan (Foto: ilustrasi lansia)
Foto: Dailymirror
Menurunkan berat badan pada usia 50 tahun memiliki beberapa keuntungan (Foto: ilustrasi lansia)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurunkan berat badan pada usia 50 tahun memiliki beberapa keuntungan. Dilansir di laman Live Strong, Senin (11/5), perubahan hormon dan metabolisme yang biasanya terjadi setelah usia 50 tahun membuat seseorang lebih mudah alami kenaikan berat badan.

"Sementara, kenaikan berat badan setelah usia 50 tahun yang mungkin umum ditemui pada beberapa orang, malah bisa berbahaya karena meningkatkan risiko penyakit seperti stroke dan diabetes," ujar Direktur medis dari Gedroic Medical Institute, Kristine Gedroic, MD.

Baca Juga

Gedroic menyebutkan, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat bila menurunkan berat bada di usia 50 tahun. Berikut sejumlah manfaat tersebut.

 

Risiko Demensia yang Lebih Rendah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Februari 2018 dalam jurnal Alzheimer's & Dementia, obesitas pada usia 50 dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia. Anehnya, orang-orang yang berusia 60 tahun atau 70 tahun, ditemukan tidak terkait. Sementara para peneliti tidak tahu persis mengapa hal ini terjadi.

Gedroic mengatakan, mikrobioma usus yang menjadi tidak seimbang seiring bertambahnya usia, mungkin merupakan tautan potensial. "Penelitian telah menunjukkan bahwa kita memiliki kecenderungan alami terhadap usus yang tidak seimbang, termasuk lebih banyak bakteri jahat di usus kita, ketika kita bertambah tua. Ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus dapat memengaruhi kesehatan otak dan bahkan dikaitkan dengan penyakit neurodegeneratif,” katanya.

photo
Pasangan lansia (ilustrasi) - (Mirror)

Gedroic pun menyarankan bagi orang-orang berusia di atas 50 tahun untuk mengkonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan makanan berserat tinggi. Sebab, konsumsi gizi seimbang mampu  berkontribusi pada penurunan berat badan, keseimbangan usus, dan mengarah pada otak yang lebih sehat dalam prosesnya. 

 

Mengurangi Gejala Panas Tiba-tiba

Hot flashes merupakan gejala panas tiba-tiba yang terjadi sebagai efek samping dari menopause. Paling umum terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun. Gejala ini sangat tidak nyaman, terlebih jika berat badan berlebih bisa membuatnya semakin parah.

"Hormon-hormon seperti estrogen disimpan dalam jaringan lemak, jadi masuk akal bahwa semakin banyak lemak yang dimiliki seorang wanita, semakin banyak estrogen dalam tubuhnya dan semakin jelas gejala-gejala menopause-nya," kata Dr. Gedroic.

Faktanya, satu studi dari BMC Women's Health edisi Desember 2017 menemukan, wanita dengan obesitas secara signifikan lebih cenderung memiliki gejala menopause sedang hingga berat dan lebih sering mengalaminya, termasuk hot flashes.

 

Mengurangi Nyeri Sendi dan Osteoartritis

Menurut Harvard Sekolah Kesehatan Masyarakat, Osteoartritis adalah salah satu efek samping paling umum dari penuaan. Hal ini menyebabkan tulang bergesekan dan persendian menjadi bengkak, kaku dan nyeri. Memiliki berat badan yang berlebih dapat memperburuk osteoartritis, serta menyebabkan lebih banyak tekanan pada sendi yang berakibat seringkali, lebih banyak rasa sakit.

Artritis dan tulang rawan yang rusak bukanlah kondisi yang dapat dibalik. Tetapi, menurut Klinik Cleveland, menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan pada sendi dan mengurangi gejala, membuatnya lebih mudah, dan lebih tidak menyakitkan untuk berjalan-jalan.

 

Risiko Rendah Kanker Tertentu

Kanker yang bergantung pada hormon dapat muncul pada wanita di atas 50 tahun. Sebab, menurut Gedroic, kenaikan berat badan karena hormon seperti estrogen disimpan dalam lemak.

"Semakin banyak lemak yang Anda bawa, semakin tinggi kadar hormon Anda," katanya.

Dia melanjutkan, inilah sebabnya mengapa obesitas pada wanita dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker payudara hormon-reseptor-positif. Ini pula yang menjadi penyebab mengapa wanita yang kehilangan berat badan, terutama setelah usia 50, secara dramatis mengurangi risiko penyakit tersebut.

Tidak mengherankan, sebuah penelitian yang diterbitkan Desember 2019 dalam Journal of National Cancer Institute menemukan, wanita yang kehilangan berat badan di usia 50-an memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara daripada wanita yang berat badannya tetap sama. Bahkan jika wanita yang kehilangan berat akhirnya mendapatkan sebagian kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement