Ahad 10 May 2020 07:56 WIB

Membuat Kopi Dalgona tanpa Mikser Listrik

Busa lembut kopi dalgona memang disarankan dibuat dengan menggunakan mikser listrik.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Busa lembut kopi dalgona memang disarankan dibuat dengan menggunakan mikser listrik (Foto: ilustrasi mikser listrik)
Foto: Pikrepo
Busa lembut kopi dalgona memang disarankan dibuat dengan menggunakan mikser listrik (Foto: ilustrasi mikser listrik)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat kopi Dalgona atau dalgona coffee menjadi salah satu hal yang digemari oleh banyak orang saat ini di tengah karantina di rumah. Meski bahan pembuatnya cukup mudah ditemukan, bagian tersulitnya justru dalam menciptakan si lembut busa kopi dalgona.

Busa lembut dalgona seharusnya dibuat dengan menggunakan mikser listrik. Namun, tak semua orang punya alat pengocok cepat ini. Lantas, adakah cara membuat busa dalgona tanpa bantuan mixer?

Baca Juga

Dilansir di laman Bustle, Ahad (10/5), berikut cara mengocok kopi Dalgona dengan mudah tanpa bantuan mixer listrik.

Minuman ini hanya memiliki empat bahan sederhana, yaitu susu, air, kopi instan atau espresso, dan gula pasir. Tidak ada proses rumit untuk menyatukan bahan-bahan ini selain mengocoknya bersamaan.

Jika tidak memiliki mixer listrik, buih susu dapat menjadi solusinya. Kita bisa mengocoknya dengan frothers milk listrik yang memiliki ukuran  jauh lebih kecil daripada mixer listrik. Namun keduanya sama baiknya dalam mendapatkan campuran dengan tekstur krim seperti tren kopi Dalgona.

Jika tak memiliki mixer maupun frothers milk, jangan khawatir. Kita hanya perlu sedikit lebih banyak bertenaga untuk mengocoknya secara manual dengan tangan.

Gunakan alat pengocok manual agar membantu kita dalam mengocok. Jika memang tak ada, kita dapat menggunakan sendok atau garpu.

Setelah membawa air, kopi, dan gula ke dalam mangkuk, ambil saja alat apa pun yang dipilih dan mulailah mengaduk adonan. Kocok bahan-bahan itu sampai berwarna melange cokelat muda.

Kita bisa mengocok bahan untuk mendapatkan tekstur yang dibutuhkan. Beberapa orang bahkan menggunakan kantong plastik atau botol air kosong untuk menuangkan campuran ke dalamnya dan mengocoknya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement