Kamis 07 May 2020 16:07 WIB

Demo Masak Online Gratis untuk Temani Masa Karantina

Banyak konten gratis yang bisa diakses untuk belajar memasak secara online.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Belajar memasak. Kelas memasak online banyak yang bisa diakses secara gratis di berbagai platform.
Foto: Safebee
Belajar memasak. Kelas memasak online banyak yang bisa diakses secara gratis di berbagai platform.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kursus online memasak menjadi salah satu submateri pada program Kartu Prakerja yang diinisiasi pemerintah. Namun, kursus tersebut banyak disorot masyarakat lantaran materinya dinilai terlalu umum, bahkan bisa diakses secara gratis di beragam platform digital.

Di mata Ketua Komunitas Bakul Kue Rumahan (BKR) Neni Sukmayani, kursus tersebut tidak terlalu efektif sebab di era sekarang, materi belajar memasak sudah sangat mudah diakses di platform digital, seperti Youtube, Instagram, atau lainnya. Semua konten tersebut pun bisa didapat secara cuma-cuma tanpa harus membayar uang.

Baca Juga

“Sebenarnya banyak media belajar, kalau kita kreatif ada di Youtube, saya juga banyak belajar dari situ. Ilmunya banyak yang bisa didapat dan kita nggak usah keluar uang juga, maklum ya ibu-ibu,” kata Neni saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Melalui konten digital, menurut Neni, masyarakat juga dengan mudah dapat mengikuti tren makanan yang terus berkembang dan berubah. Di lain sisi, Neni tak menampik sebagian orang lebih menyukai kursus offline karena merasa perlu dibimbing secara langsung.

“Tapi dalam keadaan seperti sekarang (pandemi), kalau bosan di rumah ya kita bisa buka-buka konten masak agar lebih produktif. Kita juga bebas pilih mau ikuti resep dan chef mana,” kata Neni.

Di saat masa karantina selama pandemi Covid-19, Neni juga cukup rutin membuat live streaming demo masak. Misalnya pada Kamis (23/4) lalu, ia menggelar live streaming demo memasak bekerja sama dengan Lotte melalui Facebook, Instagram, dan Youtube.

Selain itu, Neni juga sering membagikan resep-resep makanan di akun Instagram-nya. Ia pernah mengunggah resep dendeng khas pesisir Sumatra Barat, durian bakar kelapa muda, bakwa jagung, hingga kue putu pesse khas Bugis.

Seperti halnya Neni, di masa pandemi Covid-19, pendiri Natural Cooking Club (NCC) Fatmah Bahalwan, juga cukup sering melakukan demo masak secara daring. Menurut dia, konten memasak secara daring sangat membantu siapapun yang ingin belajar memasak di rumah.

“Video memasak itu cukup membantu kok, kita bisa belajar mengikuti step by step dari rumah. Saya juga sering bikin demo masak di akun Youtube saya,” kata Fatmah.

Pada Selasa (21/4) lalu, misalnya, Fatmah menyelenggarakan baking class secara live streaming di akun Instagram pribadinya @fatmahbahalwan. Ia mengaku mendapat respons positif dari warganet. Lebih dari 1.000 warganet mengikuti kelas daring tersebut.

Fatmah juga cukup rutin berbagi resep masakan melalui unggahan di Instagram. Resepnya pun beragam, mulai dari resep roti empuk ulukutheuk, ananas caramel crepes, lidah kucing rainbow, pudding klepon, dan masih banyak resep kue lain yang pastinya bikin ngiler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement