Kamis 16 Apr 2020 16:18 WIB

Reaksi Keras Selebritas Soal Trump Hentikan Pendanaan WHO

Selebritas AS bereaksi keras terhadap penghentian pendanaan WHO.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Barbra Streisand termasuk salah satu selebritas AS yang bereaksi keras terhadap Presiden Donald Trump terkait penghentian pendanaan bagi WHO.
Foto: REUTERS
Barbra Streisand termasuk salah satu selebritas AS yang bereaksi keras terhadap Presiden Donald Trump terkait penghentian pendanaan bagi WHO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengumuman kontroversial Presiden AS Donald Trump soal penghentian dana dukungan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait Covid-19 mendapat reaksi cukup keras dari para selebritas Hollywood. Amerika selama ini menjadi donor tunggal terbesar WHO.

Departemen Luar Negeri telah merencanakan untuk memberikan 893 juta dolar AS pada periode pendanaan dua tahun. Amerika Serikat menyumbang sekitar 400 hingga 500 juta dolar AS per tahun untuk WHO, sementara China hanya menawarkan sekitar 40 juta dolar AS.

Baca Juga

"Dana itu akan didistribusikan ke daerah-daerah yang paling membutuhkannya," ungkap Trump.

Para selebritas mengkritiknya atas keputusan tersebut, dikutip Fox News. Kebanyakan menilai, rencana penghentian dana berkaitan dengan urusan politik sang presiden.

"Trump tidak suka WHO karena menyuruhnya berhenti mempolitisasi virus ini, jadi dia mengancam akan menyetop pendanaan bagi mereka! Memuakkan,” tulis aktris dan penyanyi Barbra Streisand tepat sebelum pengumuman dibuat.

"Bermimpi buruk bahwa AS memotong dana ke Organisasi Kesehatan Dunia selama pandemi global yang mematikan. Terjaga dan mengetahui itu benar," cicit aktor Rainn Wilson.

"Apakah presiden barusan mengatakan, dia akan menahan bantuan?" Jamie Lee Curtis men-tweet.

"Dia menghentikan pendanaan WHO selama pandemi. Masuk akal. TIDAK, ITU TIDAK MASUK AKAL," begitu cicit selebriti lainnya, Alyssa Milano.

"WHO memperingatkan Trump tentang pandemi yang akan datang. Trump mengolok-olok virus sebagai tipuan. Virus merajalela. WHO menawarkan tes. Banyak orang Amerika masih belum bisa dites. WHO bekerja untuk membantu menemukan terapi & vaksin dengan dukungan global. Trumps memotong dana ke WHO," tulis aktor pengisi suara Frozen II, Josh Gad.

Trump mengatakan, pendanaan WHO akan tetap ditangguhkan sambil menunggu "tinjauan" AS terhadap respons Organisasi Kesehatan Dunia. Hingga Rabu (15/4), coronavirus baru telah menginfeksi lebih dari 1.996.681 orang di 185 negara dan wilayah, yang mengakibatkan lebih dari 127.590 kematian.

Di AS, seluruh 50 negara bagian ditambah Distrik Columbia telah melaporkan kasus Covid-19 yang dikonfirmas lebih dari 609.685 dan setidaknya 26.059 kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement