Rabu 08 Apr 2020 21:50 WIB

Glenn Fredly Akrab dengan Musik Sejak Umur 4 Tahun

Glenn Fredly besar di lingkungan keluarga yang erat dengan musik.

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih
Penyanyi Glenn Fredly
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Penyanyi Glenn Fredly

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4) malam. Solois yang terkenal dengan lagu Januari itu meninggal akibat penyakit meningitis atau radang selaput otak.

Lahir dengan nama Glenn Fredly Deviano Latuihamallo pada 30 September 1975, ia sudah mengenal dunia tarik suara sejak usia 4 tahun. Sebab ia besar di lingkungan keluarga yang erat dengan musik.

Baca Juga

Hal itu pula lah yang akhirnya membawa Glenn bisa berkarier di industri musik sejak usia belia saat ia bergabung dengan Funk Section. "Kala itu ia yang masih duduk di kelas 2 SMA mulai dikenal orang karena suara khasnya lewat lagu  Pantai Cinta dan Terpesona," demikian dikutip dari situs glennfredly.com, Rabu (8/4).

Tiga tahun kemudian, Glenn mulai menjadi seorang solois dengan meluncurkan album bertajuk "Glenn". Popularitasnya menanjak saat ia meluncurkan album kedua yang bertajuk "Kembali".

Selanjutnya Glenn makin berjaya di belantika musik Indonesia. Ia merilis album "Selamat Pagi, Dunia!" tahun 2002. Lalu, "Ost Cinta Silver" (2005), "Aku & Wanita" (2006), "Happy Sunday" (2007), "Private Collection" (2008), "Lovevolution" (2010), "Luka, Cinta, dan Merdeka" (2012) dan “Romansa Ke Masa Depan" (2019).

Dari puluhan lagunya, solois yang bergelut di genre musik R&B Soul itu juga menciptakan sejumlah lagu untuk tujuan kemanusian. Misalnya lagu Kita untuk mereka yang dibuat khusus untuk para korban tsunami di Aceh.

Ia juga sosok yang peduli lingkungan dan budaya. Hal itu termanifestasi lewat konser bertajuk 'Soul for Indonesian Earth' yang merupakan bentuk penghargaan terhadap bumi. Lalu ia juga mengadakan konser bertajuk 'Cinta Beta' pada 2012 silam.

"Konser Cinta Beta merupakan aksi nyata dalam pelestarian seni dan budaya untuk Indonesia Timur sekaligus ucapan syukur untuk 17 tahun perjalanan kariernya," tulis situs resminya, glennfredly.com.

Selama 25 tahun kariernya di dunia musik, Glenn menikahi penyanyi Dewi Sandra pada 2006 silam. Pernikahan mereka kandas pada 2009.

Glenn kembali menikah pada Agustus 2019 dengan artis Mutia Ayu. Pernikahan mereka dikarunia seorang putri bernama Gewa Atlanta Syamayim Latuihamallo.

Kini Glenn telah tutup usia pada umur 44 tahun. Ia meninggalkan satu orang istri dan anaknya yang baru berusia 40 hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement